Kendari (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), hadirkan 60 pelaku Usaha Makro Kecil Menengah (UMKM) lokal, ikut ambil bagian pada gebyar UMKM 2024 di Bumi Mekongga Kolaka.

"Kami harapkan dalam kegiatan ini bisa memberikan motivasi ke para pelaku usaha khususnya pengusaha kecil menengah atau UMKM serta bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kolaka, Jufri, di Kolaka, Selasa.

Jufri menuturkan, kegiatan gebyar UMKM di Bumi Mekongga ini berlangsung selama enam hari dan diikuti sebanyak 60 para pelaku UMKM lokal dengan tema mewujudkan UMKM yang inovatif, inspiratif, mandiri dan naik kelas.

"Yaitu kegiatannya dimulai dari tanggal 21 hingga 26 Juli 2024," tuturnya.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut masyarakat diharapkan bisa menikmati jajanan kuliner serta hasil-hasil produk UMKM serta panggung hiburan.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kolaka, yakni Bupati Kolaka, Andi Makkawaru, mengatakan bahwa kegiatan itu diharapkan bisa mengangkat sektor ekonomi khususnya pelaku usaha kecil menengah serta saling bertukar fikiran mengenai produk-produk unggulan UMKM yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya," katanya.

Andi Makkawaru juga berharap agar para pelaku usaha dapat mengoptimalkan pemasaran produknya melalui gebyar UMKM yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten, sehingga pelaku UMKM bisa naik kelas dan produk UMKM bisa langsung di lirik oleh konsumen.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, produksi UMKM ini juga bisa langsung di kritik oleh konsumen sehingga bisa menjadi motivasi bagi pengusaha untuk melakukan perbaikan mutu dari produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha kecil menengah.

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024