Kendari (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, menyebutkan sebanyak 12 unit kapal dari dan ke Pelabuhan Murhum Baubau siap melayani angkutan Lebaran 1445 Hijriah/tahun 2024.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Roni Abdullah, di Baubau, Sabtu, menyebutkan, sebanyak 12 kapal yang menyinggahi Pelabuhan Murhum daerah itu yakni, KM Ciremai, KM Sinabung, KM Tidar, KM Lambelu, KM Sirimau, KM Dobonsolo, KM Dorolonda, KM Labobar, KM Leuser, KM Nggapulu, KM Umsini, dan KM Tilongkabila 

"Terkait persiapan kapal sudah siap usai menjalani perawatan atau docking yakni KM Dobonsolo dan KM Lambelu. Sekarang yang masih docking ada KM Sinabung dan diperkiraan pertengahan Maret ini selesai. Artinya dari sisi kapal untuk angkutan mudik dan balik Lebaran semua sudah docking," ujarnya.

Roni mengungkapkan prediksi arus penumpang Idul Fitri tahun ini diperkirakan ada peningkatan 11 persen atau sekitar 28.500 orang yang berangkat ke semua daerah tujuan dan sekitar 58 ribu orang yang turun atau tiba.

"Jadi, prediksi kita itu dari H-15 sampai H plus 15 Lebaran. Dan kalau dilihat peningkatan dari tahun lalu ada peningkatan sekitar 19 persen," kata mantan Kacab Pelni Kumai Kalteng ini.

Dikatakannya juga bahwa masyarakat yang akan menggunakan kapal PT Pelni dapat mengunduh aplikasi Pelni Mobile guna mempermudah memperoleh tiket maupun informasi tentang jadwal dan keberangkatan kapal serta pembookingan tiket.  

"Yang jelas terkait kebutuhan informasi masyarakat bisa lihat juga di Pelni Mobile. Makanya kami berharap semua masyarakat pengguna jasa PT Pelni baik barang maupun penumpang mengunduh Pelni Mobil itu sehingga apapun informasinya bisa dilihat disitu," jelasnya.

Lebih lanjut kata dia juga bahwa mengenai untuk arus mudik gratis dari Balikpapan ke Baubau akan dilaksanakan pada 7 April 2024 menggunakan KM Lambelu dengan kuota sebanyak 100 orang, sedangkan arus balik dari Baubau ke Balikpapan pada 25 April sebanyak 100 orang juga.

"Untuk mudik gratis ini akan diinformasikan lebih lanjut lagi syarat-syarat ketentuannya. Jadi ini sebagai informasi awalnya saja, jadi nanti akan diinformasikan lewat Instgram Pelni dan media massa juga," ujar Roni dengan menyebut mudik gratis tersebut ditentukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan.

Pewarta : Azis Senong/Yusran
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024