Laworo (ANTARA) - Ratusan warga Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara menerima bantuan beras dari pemerintah pusat.

Staf Dinas Ketahanan Pangan Mubar Netti Ridha saat ditemui di Laworo, Jumat menjelaskan bantuan beras tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk dibagikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang masing-masing kepala keluarga memperoleh jatah 10 kilogram.

"Itu bantuan dari pemerintah pusat. Dinas Ketahanan Pangan Mubar selaku penyelenggara hanya membagikan setiap bulannya yakni dimulai September hingga Desember 2023," katanya

Netty menerangkan bahwa pemerintah sebelumnya telah menyiapkan dana untuk bantuan beras dengan alasan karena El Nino yang masih berlangsung. 

Menurutnya, El Nino menyebabkan jumlah panen padi menurun karena sebagian besar pusat produksi padi mengalami kekeringan.

"Jadi, bantuan ini diberikan karena El Nino yang memang memiliki dampak cukup panjang," kata Netty

Netty membeberkan dari total 21,3 juta KPM program pemerintah, penerima bantuan beras di Desa Marobea berjumlah 131 orang. Mereka adalah masyarakat yang tercatat sebagai penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

"Hari ini yang sempat terbagi baru 105 orang. 26 orang lainnya belum dibagikan. Tadi itu sisanya langsung kita serahkan kepada aparat desa, nanti aparat desa yang membagikan," ujarnya.

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024