Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebut cuaca wilayah Sulawesi Tenggara  pada Selasa, mulai pukul 06.00 Wita hingga siang hari, umumnya cerah hingga berawan.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie, dalam keterangan resmi yang diterima di Kendari, Selasa mengatakan secara umum dari 17 kabupaten dan dua kota di Sultra umumnya cerah, namun ada beberapa daerah tertentu yang berpotensi hujan ringan.

"Sejak pagi hari, umumnya wilayah Sulawesi Tenggara cerah hingga berawan, namun ada beberapa wilayah di kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur berpotensi ada hujan ringan dengan intensitas rendah," ujarnya.

Sementara, pada siang dan sore hari, lanjut Faizal, alami hujan dengan fenomena alam yang berbeda akibat adanya perputaran angin yang melambat berpengaruh terhadap kumpulan awan tebal yang bisa menyebabkan hujan.

Pada malam hari, juga berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur.

Adapun suhu udara berkisar 23 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara antara 60 - 95 persen dan angin bertiup dari Timur - Selatan per 2 - 30 kilometer per jam.

Terkait informasi peringatan dini gelombang laut hari ini, Faizal mengatakan hasil monitoring gelombang yang terjadi pada sore hari sekitar pukul 18.00 hingga 20.00 Wita dengan rata-rata 1,25- 2,5 meter (gelombang sedang) terjadi di beberapa perairan laut seperti di Pare-Pare, perairan Spermonde Makassar bagian barat, perairan barat Kepulauan Selayar, perairan Bonerate bagian utara dan selatan dan perairanb Flores.

Sedangkan gelombang dengan ketinggian 2,5 – 4,0 meter terjadi di bagian perairan Selat Makassar bagian Selatan dan Laut Flores bagian Timur.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024