Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Baubau menggelar apel gabungan kesiapan untuk pengamanan lebaran Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi di Pantai Kamali, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Apel gabungan tersebut diikuti oleh Penjabat (Pj) Sekda Kota Baubau, Komandan Posal, Kasat Pol PP, Kepala Bagian (Kabag) Kesra, Danki 725, Komandan Ramli Wolio, Komandan Sub Denpom Baubau, Kodim 1413 Buton, pejabat utama dan polsek jajaran Polres Baubau.

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk melalui keterangan resmi yang diterima Rabu, mengatakan apel tersebut juga diikuti oleh masing-masing satu pleton dari POM TNI AD, Propam Polres Baubau, Provos TNI AL, Kodim 1413 Buton, Kompi 725, Posal Baubau, Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kota Baubau, serta satu pleton dari Senkom Mitra Polri.

Ia menyampaikan bahwa apel tersebut dilaksanakan untuk membentuk kesiapan para personel dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada malam takbiran dan pada Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M.

"Sesuai kesepakatan  pada saat rapat Forkopimda di Rujab Wali Kota Baubau bahwasanya tidak ada pelaksanaan takbir keliling, sehingga apabila nanti rekan-rekan menemui ataupun mendapatkan adik-adik kita ataupun masyarakat yang melaksanakan hal itu agar diarahkan untuk kembali dan bisa melaksanakan takbiran di tempat-tempat ibadah," kata Bungin.

Menurut dia, Hari Raya Idul Adha tersebut adalah tentang ketulusan dan keikhlasan dalam memberikan kurban tentunya pada kesempatan ini juga dirinya mengetuk ketulusan dan keikhlasan para personel dalam melaksanakan tugas untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Kota Baubau yang menjalankan ibadah hari raya.

"Para perwira yang ditunjuk sebagai Padal (perwira pengendali) agar bertanggung jawab melaksanakan kontrol kepada anggota yang melaksanakan tugas dan melaporkan setiap perkembangan situasi di lapangan," ujarnya.

Ia juga meminta para personel untuk memastikan seluruh kegiatan masyarakat Kota Baubau yang merayakan Hari Raya Idul Adha berjalan lancar, aman, dan kondusif karena ini merupakan tanggung jawab bersama.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Baubau Kompol Suriadin menuturkan bahwa pihaknya akan melaksanakan patroli gabungan di wilayah hukum Polres Baubau untuk memberi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan keagamaan Idul Adha dapat berjalan lancar dan aman.

"Termasuk para Kapolsek, Danramil, para camat dan anggotanya melaksanakan patroli gabungan di wilayah hukumnya masing-masing," ujarnya.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024