Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara Asmawa Tosepu mendukung alumnus SMAN 2 Kendari angkatan tahun 2000 yang membuat gerakan tanam pohon guna melindungi bumi.

"Kita harus hijaukan kota ini karena Kota Kendari ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan daerah lain bahkan di dunia. Kota Kendari memiliki hutan dan sawah," kata Asmawa dalam keterangan tertulis Kominfo Kendari diterima, Senin.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu bersama Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengikuti gerakan menanam pohon dan senam bersama di lapangan SMAN 2 Kendari.

Kegiatan penanaman pohon dan senam jantung sehat di SMAN 2 Kendari ini diinisiasi oleh ikatan alumnus SMAN 2 Kendari angkatan 2000. Menurut Pj Wali Kota penanaman pohon hari ini adalah menjadi bagian dari gerakan satu juta pohon.

Dia menyampaikan pentingnya menanam pohon tidak hanya untuk generasi saat ini saja, namun juga untuk generasi selanjutnya. Keberadaan pohon ini termasuk salah satu aspek yang menentukan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di masa yang akan datang.

Menurut dia, jika tidak ada pohon mungkin saja manusia akan hidup dengan segala keterbatasan yang ada, misalnya saja kekurangan oksigen hingga hidup di udara yang panas akibat sengatan matahari.

Oleh karena itu, Pj Wali Kota Kendari juga memberikan apresiasi pada alumni SMA 2 angkatan 2000 yang sukses melaksanakan kegiatan ini. Dia berharap agar kegiatan tersebut dalam dilakukan seluruh masyarakat demi melestarikan lingkungan.

"Saya mengharapkan generasi-generasi mendatang agar tidak melupakan itu. Teruslah berkarya, teruslah bekerja untuk kemajuan Kota Kendari dan kebanggaan kita sebagai alumni SMA Negeri 2 Kendari,” ucap Wali Kota.

Wakil Ketua Pelaksana Alumnus SMAN 2 Kendari Tahun 2000 Adi Hernawan menjelaskan, selain kegiatan senam jantung sehat dan penanaman pohon, pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan di rumah ibadah dan bantuan bedah rumah.

“Selain senam jantung sehat ini, kemarin kami menyerahkan bantuan di TPQ di Nambo yang dimana kami sumbangkan beberapa Al-Qur’an maupun IQRA,” tuturnya.

Penanam pohon kali ini, dilakukan secara simbolis oleh perwakilan alumnus dan pejabat sebanyak empat pohon.

“Masing-masing di tanam oleh Pj Wali Kota Kendari, Pak Sekda dan ketua alumni SMAN 2, dimana dalam menanam pohon ini ada beberapa jenis pohon yang di tanam yaitu ada jenis pohon sawo dan pohon kelengkeng,” jelasnya.

Kegiatan penanaman pohon tersebut dihadiri seluruh ikatan alumni angkatan 2000, dewan guru dan siswa siswi SMAN 2 Kendari.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024