Kendari (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar pernikahan massal dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-192 Kota Kendari.
 
Ketua Panitia HUT ke-192 Kota Kendari Ridwansyah Taridala di Kendari, Kamis. mengatakan nikah massal menjadi bagian dari HUT Kota Kendari yang bakal berlangsung hingga 9 Mei 2023 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari itu juga menyebutkan nikah masal itu ditujukan kepada para keluarga yang belum lengkap secara administrasi.
 
 "Kegiatan ini ditujukan bagi saudara-saudara kita yang sudah hidup serumah tapi terbentur dengan masalah birokrasi atau administrasi," ujar Ridwansyah Taridala.
 
Untuk itu, lanjutnya, Pemkot Kendari hadir melalui rangkaian HUT untuk membantu masyarakat agar bisa memiliki buku nikah yang sah secara undang-undang.
 
"Nanti panitia teknisnya, bakal berkomunikasi dengan teman-teman dari Kementerian Agama," lanjutnya.
 
Ia juga mengungkapkan bahwa dalam kegiatan itu, para peserta yang hendak ikut dalam nikah masal tidak dibatasi. Akan tetapi, para peserta memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan panitia.
 
"Kami tidak batasi, siapa saja boleh mendaftar. Kemudian untuk teknisnya silakan berhubungan dengan teman-teman catatan sipil," jelasnya. 
 
Untuk diketahui, selain nikah massal, HUT ke-192 Kota Kendari juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan perlombaan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan berbasis kearifan lokal.
 
Ridwansyah Taridala menuturkan perlombaan yang dimaksud, yakni lomba futsal, lomba mosolori, lomba permainan tradisional seperti bola gotong, lari karung dan lainnya. 
 
"Selain itu akan ada festival budaya, seperti wisata pungut sampah, gowes, jalan santai, senam masal hingga dzikir akbar. Untuk kegiatan sosial seperti sunatan massal, operasi bibir sumbing dan nikah massal," tutupnya.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024