Baubau (ANTARA) - Kodim 1413/Buton, Sulawesi Tenggara, akan membangun pos Koramil Lasalimu yang permanen dari sebelumnya setelah ada permintaan dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

"Pos koramil itu belum dibuat, tapi karena komandan (Dandim) melihat ini ada permintaan dari masyarakat sehingga Pak Dandim berinisiatif berkoordinasi dengan Pemda melalui Bupati untuk kita buat permanen," ujar Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 1413/Buton, Kapten Inf Harlin, di Baubau, Rabu.

Kapten Inf Harlin mengatakan, pos Koramil Lasalimu lama akan dirobohkan lalu dibuat yang baru atau permanen sebagai upaya juga mengapresiasi dari masyarakat yang meminta dibuatkan pos koramil lebih refresentatif di situ. 

"Kalau kedepan itu akan menjadi koramil, karena bangunannya itu nanti kita tinggal tambah," katanya.

Memang, menurut dia, rencana pembangunan pos koramil tersebut sudah lama perintah dari komandan (Dandim) apalagi melihat eskalasi kegiatan masyarakat anak muda di wilayah itu kadang kala kurang terpantau, sehingga dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan bersama. 

Selain itu, kata dia pula, lokasi pos koramil dibangun didaerah itu juga karena Koramil 13 Lasalimu cukup luas dibandingkan wilayah-wilayah koramil lain, yang mana Koramil Lasalimu mulai dari perbatasan Pasarwajo sampai dengan Perbatasan Kapontori.

Mengenai apakah ada rencana pembentukan koramil baru, menurut dia hal itu saat ini sudah ada wacana tetapi melihat kebutuhan personel dan pertimbangan dari pimpinan Angkatan Darat (AD). 

"Pertimbangan itu tergantung dari desakan ini pemerintah daerah juga," imbuhnya.

Saat ini, ia mengatakan, jumlah koramil di wilayah Kodim 1413/Buton sebanyak 16 koramil di lima kabupaten dan satu kota, yakni Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Bombana, Kabupaten Wakatobi, dan Kota Baubau.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024