Baubau (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menggelar turnamen tiga cabang olahraga khusus U-12 sebagai upaya mencari bibit-bibit atlet guna meningkatkan prestasi olahraga.

Pelaksana Tugas Kepala Dispora Baubau, Maaruji, di Baubau, Rabu, mengatakan tiga cabang olahraga yang dilombakan yakni, bulu tangkis, renang, dan atletik untuk tingkat sekolah dasar (SD) itu secara resmi dibuka Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse pada Selasa (14/6).

"Kenapa kita lakukan tingkat SD karena itu menuju ke SMP. Jadi kalau pembinaan pembibitan kalau kita bicara tentang prestasi itu 5-6 tahun, makanya kita sekarang dari Dispora melakukan suatu kegiatan mulai dari SD," katanya.

Kata Maaruji yang juga Kepala Bidang dia, kegiatan tersebut merupakan salah satu perencanaan yang dilakukan awal pihaknya khususnya di bidang pemuda dan olahraga, sehingga ada bibit atlet berprestasi dan membanggakan daerah maupun bangsa Indonesia ke depan.

"Kita di bidang pemuda dan olahraga ada namanya pendidikan menyangkut SD dan SMP. Makanya kita coba tahun ini ambil dulu tiga cabang itu untuk U-12 karena tiga cabang olahraga tersebut masuk dalam 12 desain olahraga nasional yang saat ini Kemenpora menginstruksikan kepada kota dan kabupaten untuk pencarian bibit," katanya.

Olehnya itu juga, kata dia, pihaknya memfokuskan pada olahraga-olahraga yang sudah dicanangkan oleh Kemenpora karena olahraga tersebut mempunyai output yang jelas, yakni PON, ASEAN GAMES, Olimpiade dan turnamen dunia.

Ia juga mengatakan bahwa, pihaknya sengaja mengadakan pembibitan atlet dengan menggelat pertandingan karena rencana pada 2023 Dispora akan dibentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD).

"Jadi dengan kegiatan yang kita lakukan sekarang, kita sudah lihat bibit-bibit yang perlu untuk dijadikan sebagai atlet," katanya, dengan menyebutkan turnamen itu akan dijadikan agenda tahunan.

Lebih lanjut dikatakannya, ketiga pertandingan U-12 tersebut digelar ditempat berbeda, dimana cabang olahraga renang digelar di Kelapa Gading Kelurahan Ngkari-ngkari, bulutangkis di SMKN 2 Baubau, dan atletik di stadion Betombari.

Kata Maaruji, turnamen yang diikuti 17 Sekolah Dasar (SD) se-daerah itu akan berlangsung selama enam hari atau 14-19 Juni 2022 dengan total hadiah sebesar Rp25,8 juta.
 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024