Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, menyebutkan 10 kabupaten/kota di provinsi ini berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Prakirawan BMKG Sultra Fezal Habibie melalui keterangan tertulis BMKG Sultra, Jumat, mengatakan hari ini terdapat 10 daerah berpotensi diguyur hujan lebat yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Muna, Buton Utara, Kota Kendari dan Baubau.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini tepatnya di 10 daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," katanya.

Fezal menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Wundulako, Kolaka, Pomalaa, Wolo, Baula, Latambaga, Tanggetada, Samaturu yang dapat meluas ke Watubangga, Toari, Polinggona, dan Iwoimendaa.



Di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Tirawuta, Loea, Ladongi, Poli Polia, Lambandia, Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, Tinondo, Aere yang dapat meluas ke Ueesi dan Dangia.

Di Kabupaten Konawe potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Lambuya, Unaaha, Wawotobi, Pondidaha, Abuki, Soropia, Tongauna, Puriala, Uepai, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Konawe, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Onembute, Padangguni, Morosi, Anggalomoare, Wonggeduku Barat, Anggotoa, Tongauna Utara yang dapat meluas ke Sampara, Latoma, dan Asinua.

Selanjutnya di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujam dapat terjadi di Kecamatan Angata, Moramo, Laonti, Moramo Utara yang dapat meluas ke Tinanggea, Andoolo, Palangga, Landono, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Lalembuu, Benua, Palangga Selatan, Mowila, Buke, Wolasi, Laeya, Baito, Basala, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, Sabulakoa, dan Andoolo Barat.

Di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Andowia, Motui, yang dapat meluas ke Asera, Wiwirano, Langgikima, Oheo, Lasolo Kepulauan, dan Landawe.

Selanjutnya di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Tengah yang dapat meluas ke Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, dan Wawonii Selatan.

Di Kabupaten Muna potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Napabalano, Maligano yang dapat meluas ke Wakorumba Selatan, Lasalepa, Pasir Putih, Pasi Kolaga, dan Batukara.

Berikutnya, diKabupaten Buton Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Kulisusu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, Wakorumba Utara yang dapat meluas ke Kambowa, dan Bonegunu.

Di Kota Kendari potensi hujan dapat terkadi di Kecamatan Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo.

Dan di Kota Baubau potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur wilayah Kecamatan Bungi, Lea-lea yang dapat meluas ke Wolio, Sorawolio, Kokalukuna, Murhum, Batupoaro.

"Selain di 10 daerah tersebut, potensi hujan juga dapat meluas ke Kabupaten Bombana, Wakatobi, Kolaka Utara, Muna Barat, Buton dan Kabupaten Buton Tengah," katanya.

BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.*
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024