Kendari (ANTARA) - Sebanyak 2.429 dari total 37.352 anak usia enam sampai 11 tahun yang menjadi target vaksinasi COVID-19 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, sudah mendapat suntikan vaksin dosis pertama.

"Capaian vaksinasi kelompok anak sampai saat ini di Kota Kendari sudah sebanyak 2.429 anak atau sudah mencapai angka 5,6 persen dari target," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum di Kendari, Jumat.

Ia mengatakan bahwa Dinas Kesehatan Kota Kendari menyelenggarakan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia enam sampai 11 tahun bekerja sama dengan TNI dan Polri.

Dinas Kesehatan, menurut dia, menurunkan tim petugas vaksinasi ke sekolah-sekolah untuk memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada anak-anak.

Ia mengatakan bahwa anak-anak yang akan mendapat vaksinasi COVID-19 juga terlebih dulu diperiksa kondisi kesehatannya.

"Sebetulnya kalau anak itu fisiknya sangat bugar, kalau anak jarang komorbid, tapi biasanya (kendala vaksinasi) lebih pada kekhawatiran orang tua," katanya, menambahkan, vaksinasi COVID-19 pada anak dilakukan dengan izin dari orang tua.

Dia juga mengimbau warga yang sudah menjalani vaksinasi tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindari dari COVID-19.

"Mulai dari pakai masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan, jangan abaikan ini semua," kata Rahminingrum.

 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024