Kolaka (ANTARA) - Peringatan HUT Antam ke-53 tahun 2021 dilaksanakan dengan melakukan kegiatan restorasi ekosistem dalam pengelolaan lingkungan hidup sebagai wujud kepedulian perusahaan.

Public Relation Department Head PT ANTAM Tbk UBPN Sultra,Bambang Tri Ariwibowo mengatakan kegiatan resetorasi ekosistem seperti transplantasi terumbu karang (SAVE CORAL 2021), pembersihan pesisir dan dasar laut (COASTAL AND SEABED CLEAN UP 2021) serta rehabilitasi hutan bakau.

" Dalam kegiatan SAVE CORAL 2021 dilaksanakan di perairan Pomalaa,Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara  dengan melibatkan 50 struktur dari spider web dengan total bibit karang yang ditransplantasi sebanyak 900 fragmen," katanya.

Selain itu kata Bambang masih dalam rangkaian kegiatan dilanjutkan giat COASTAL AND SEABED CLEAN UP 2021 dengan membersihkan satu segmen pantai sepanjang 200 meter serta melintang sejauh 50 meter kearah kelaut sampai dengan kedalaman lima meter.

Sementara itu Taufik Ahmady Health, Safety and Environment menjelaskan,kegiatan restorasi ekosistem merupakan kegiatan yang berkesinambungan dama memperbaiki lingkungan yang rusak dan tidak dapat dilakukan hanya dengan satu kegiatan seremonial. 

" Pemantauan maupun penyulaman terhadap bibit karang yang tidak tumbuh mutlak dilakukan sehingga kegiatan "SAVE CORAL 2021" harus dilaksanakan secara konsisten dan memberikan manfaat bagi ekosistem laut,” katanya.

Penanaman bakau

Dalam rangka HUT Antam UBPN Sultra, manajemen perusahaan juga  melibatkan masyarakat yang ada di Kabupaten Konawe Utara melakukan penanaman 2.000 bibit pohon bakau.

Charles Andrianto Mine Environmental Management Departement Head PT.Antam mengatakan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan KecamatanTapunopaka, Kabupaten Konawe Utara.

Dimana kata dia Kabupaten Konawe Utara merupakan salah satu daerah yang masuk dalam daerah operasional penambangan perusahaan sehingga berkomitmen untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik.

" Rehabilitasi pesisir ini dilaksanakan dengan penanaman tanaman bakau yang melibatkan warga sekitar sebagai bentuk sinergis antara perusahaan dan masyarakat dalam dalam menjaga lingkungan dan memperbaiki ekosistem wilayah pesisir," katanya.

Charles juga berharap dengan usia Antam yang ke 53 tahun ini  semakin sukses,maju serta senantiasa berwawasan lingkungan dalam melaksanakan operasi penambangan di seluruh operasinya.

" Mari bersama-sama menjaga dan memperbaiki laut agar senantiasa sehat,bersih dan indah sesuai dengan motto ADC underwater world is our second habitat," jelas Charles.
 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024