Kolaka (ANTARA) - Bupati Kolaka Ahmad Safei memimpin apel gelar pasukan operasi "Ketupat Anoa 2021" di depan rumah adat daerah itu yang dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, kepala dinas dan pejabat perwakilan Kolaka Timur, Rabu.

Dalam menyampaikan amanat Kapolri,Bupati Kolaka Ahmad Safei menyampaikan apel gelar pasukan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda untuk mengecek kesiapan akhir pengamanan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Selain itu juga dalam apel ini lanjut dia melihat secara langsung kekuatan personel, kelengkapan peralatan, sarana prasarana dan kesiapan institusi lain yang terlibat, sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

Safei juga menjelaskan beberapa aktivitas masyarakat yang perlu diperhatikan adalah pelaksanaan ibadah puasa, takbiran, salat Id, kegiatan transaksi belanja, mudik, rekreasi atau wisata serta kegiatan distribusi bahan pokok masyarakat dan bahan bakar minyak selama Ramadhan.

"Permasalahan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas juga harus bisa diatasi mengingat  adanya peningkatan volume arus lalu lintas kendaraan dan barang," katanya.

Bupati dua periode itu juga mengingatkan beberapa hal yang harus dipedomani dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab yaitu siapkan kondisi fisik serta mental dalam melayani masyarakat, tingkatkan kepekaan terhadap lingkungan, tingkatkan kewaspadaan dan siaga, lakukan tindakan proaktif dan antisipatif serta menyiapkan peralatan sarana dan prasarana.

" Dan yang terakhir  adalah melakukan  komunikasi, koordinasi dan kedepankan kerja sama," jelas Safei.

Usai menyampaikan amanat Kapolri,Bupati Kolaka menyematkan pita kepada personel dari beberapa dinas terkait yang tergabung dalam operasi Ketupat Anoa Tahun 2021. 


 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024