Baubau (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Baubau bersama kepala organisasi perangkat daerah itu serta jajarannya menyatakan kesiapannya untuk di vaksin COVID-19, meski pelaksanaan vaksinasi tersebut belum dijadwalkan secara pasti di daerah itu.

Dalam keterangan tertulis di Baubau, Jumat, Sekda Baubau Roni Muhtar mengungkapkan, kesiapan dirinya bersama yang lainnya itu untuk divaksin COVID-19 dimaksudkan guna mendorong agar warga Kota Baubau mempunyai rasa kepedulian yang tinggi untuk melakukan vaksinasi COVID-19. 

"Sehingga dengan demikian tidak ada lagi keraguan dari masyarakat terkait dengan vaksin ini dikarenakan para pejabat sudah memberikan contoh seperti halnya yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

Saat ini menurut Roni Muhtar, Pemkot Baubau telah mematangkan seluruh persiapan vaksinasi tersebut. Tenaga medis dan dosis juga disiapkan untuk menyukseskan kegiatan pemberian vaksin kepada drinya dan kepala OPD serta jajarannya.

”Tidak usah ragu, program pemberian vaksin COVID-19 tidak akan mencelakakan masyarakat. Apalagi, Presiden Joko Widodo sudah memberikan contoh dengan melakukan vaksin COVID-19 beberapa waktu yang lalu. Sehingga, dengan contoh tersebut akan menimbulkan kesadaran jika memang vaksin COVID-19 tidak akan berbahaya kepada masyarakat,” ujarnya.

Terkait dengan wacana pemberian dokuman bagi warga yang telah divaksin COVID-19, Sekda Roni Muhtar menegaskan agar tidak lagi menggunakan keterangan rapid tes atau lainnya untuk keperluan perjalanan.

Sementara, Plt Kadis Kominfo Baubau La Ode Darussalam menyambut baik penegasan Sekot Baubau agar kepala OPD dan jajarannya siap divaksin COVID-19. Oleh sebab itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah menemukan vaksin COVID-19 dalam rangka untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 itu.

Darussalam menjelaskan, sebagai kepala OPD di Kominfo dan Dispora dirinya bersama jajarannya di Kominfo dan Dispora akan siap di vaksin COVID-19. 

“Ini sangat penting karena selama setahun kita bergelut dengan pandemi dan kini sudah ada vaksin yang membuat kita akan terlepas dari virus yang bisa mematikan ini,” jelas Kadis Pemuda dan Olahraga Baubau ini.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024