Kendari (ANTARA) - DPRD Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengapresiasi langkah cepat pemerintah Kota Baubau dalam mengembangkan Bandara Betoambari agar bisa didarati pesawat jenis Boeing.

"Ini langkah cepat yang baik dilakukan Pemkot Baubau. Karena bila Bandara kita sudah bisa didarati pesawat jenis Boeing maka harapannya bisa membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah kita," ungkap anggota DPRD Baubau, Acep Sulfan melalui pesan WhatsApp yang diterima, Jumat.

Menurut Acep, atas upaya pembebasan lahan oleh Pemkot Baubau beberapa tahun terakhir telah membuahkan hasil karena landasan pacu atau runway bandara Betoambari akan diperpanjang Kementerian Perhubungan tahun 2021 mendatang.

Karena kata dia, selama ini bandara Betoambari bukan hanya melayani aktivitas penumpang dari Kota Baubau, melainkan dari berbagai daerah cakupan kepulauan Buton. Sehingga paling tidak masyarakat sekitar dapat menuai manfaatnya dari sisi ekonomi.

Baca juga: Landas pacu Bandara Betoambari Baubau akan diperpanjang 200 meter

Lebih lanjut legislator Partai Gerindra ini mengungkapkan sesuai hasil koordinasinya dengan otoritas Bandara Betoambari bahwa tambahan runway bandara mulai dikerja 2021 mendatang dengan panjang 200 meter. Dengan demikian total panjang runway nanti menjadi 2.000 meter.

"Dengan total panjang runway itu menurut otoritas Bandara sudah dapat didarati pesawat Boeing tetapi memang untuk beberapa tipe saja. Namun paling tidak ini sesuatu langkah maju daerah kita," ungkapnya.

Apalagi kata dia, Kota Baubau sebagai calon ibu kota Provinsi Kepulauan Buton maka sudah seharusnya mempersiapkan diri. Terutama menyiapkan Bandara yang representatif untuk sebuah provinsi.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024