Kendari (ANTARA) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, dr.Hasto Wardoyo resmi melantik sekaligus mengambil sumpah janji jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan terhadap 12 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Sulawesi tenggara (Sultra) yang dilakukan secara virtual berlangsung di Aula BKKBN Perwakilan Sultra, Jumat.

Ke-12 ASN yang dilantik dari pejabat struktural menjadi pejabat fungsional tersebut adalah Agus Salim, Min Rahmatin, Muslimin, Bahtiar, Dharmasari,  Harun Hibban, Husni Halim, Iklamin, Sitti Maryam, Wiwit Imbar Marwati dan Alief Imran Saputra.

Kepala BKKBN dr.Hasto Wardoyo dalam sambutannya mengungkapkan pelantikan dan pengambilan sumpah yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut arahan presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang penyederhanaan birokrasi, selain BKKBN juga telah mengeluarkan peraturan badan Nomor 11 tahun 2020 tentang organisasi dan tata kerja BKKBN yang telah mencakup peraturan Kepala Nomor 72 tahun 2011 sehingga pejabat fungsional yang baru dilantik ini penempatannya telah sesuai struktur organisasi dan tata kerja BKKBN.

“Untuk melantik pejabat fungsional dari transformasi jabatan Administrasi ke jabatan fungsional dan jabatan administrasi di lingkungan badan kependudukan dan keluarga berencana nasional sebagai bentuk tindak lanjut arahan presiden Republik Indonesia," kata Hasto Wardoyo.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Kemenpan RB), Tjahjo Kumolo, mengungkapkan terkait dengan penyederhanaan birokrasi, BKKBN pun telah mengajukan daftar usulan penyetaraan jabatan kepada Kementerian PANRB dan telah mendapat persetujuan penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

Untuk itu, Tjahjo Kumolo berharap kepada para pejabat fungsional yang dilantik dapat mengemban tugas dengan sebaik baiknya dan penuh rasa tanggung jawab dan dapat menjaga amanah ,melaksanakan sumpah yang telah diucapkan hari ini, bekerja lebih baik lagi dengan dilandasi 13 disiplin.

“Kepada pejabat fungsional yang baru dilantik semoga teman- teman dapat mengemban tugas dan menjaga amanah sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Tjahyo.

Kepala BKKBN Perwakilan Sultra, Asmar, yang menyaksikan pelantikan itu berharap melalui pelantikan peralihan ini dapat memacu kinerja para ASN sehingga tercipta daya saing dalam meningkatkan kinerja  dalam pencapaian indikator dengan lebih baik, cepat dan fokus.

Untuk di ketahui pada pelantikan tersebut terdapat 687 orang, terdiri dari 180 orang di BKKBN Pusat dan 507 orang di perwakilan BKKBN Provinsi seluruh Indonesia yang dikukuhkan dan dilantik menjadi pejabat fungsional termasuk 12 dari BKKBN Sultra.


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024