Kendari (ANTARA) - Mahasiswa peserta kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melakukan mitigasi pencegahan COVID-19 kepada warga Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara.

Mitigasi tersebut dilakukan dengan membagikan masker dan leaflet kepada masyarakat setempat yang menjadi lokasi KKN para mahasiswa, Selasa.

KKN Tematik dengan tema "Penguatan Peran Warga Masyarakat dalam Mitigasi dan Adaptasi Masyarakat Menghadapi Wabah COVID-19" di Kabupaten Konawe Kepulauan ini menyasar titik-titik keramaian di beberapa desa kemudian dibagikan masker dan handsanitizer.

Kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa UHO ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Seperti yang diunggkapkan oleh Alifa salah seorang warga setempat. Alfamengungkapkan bahwa kegiatan mahasiswa tersebut berdampak positif di tengah pandemi COVID-19.

"Semangat mahasiswa ini memberikan kami edukasi terhadap pentingannya menjaga kesehatan di tengah merebaknya virus corona," kata Alifa.

Sementara itu, Dosen Pembimbing mahasiswa KKN Tematik UHO di lokasi tersebut, Sunandar Ihsan, mengungkapkan bahwa kegiatan mahasiswa selama KKN diharapkan dapat memberi dampak positif pada pencegahan dan edukasi terhadap pentingnya mitagasi dalam masyarakat.

"Mitigasi dalam menghadapi COVID-19 akan berdampak positif bagi warga dalam mencegah penyebaran wabah virus corona di tengah masyarakat," ungkapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sultra mencatat bahwa Kabupaten Konawe Kepulauan hingga 6 Juli 2020, sejak merebaknya pandemi COVID-19, daerah tersebut tidak memiliki kasus virus tersebut.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024