Kendari (ANTARA) - Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), membagikan 5 ton paket ikan sehat bermutu secara gratis kepada warga terdampak COVID-19.

Kepala BKIPM Kendari, Amdali Adhitama, mengatakan pembagian 5 ton ikan tersebut diberikan kepada warga di tiga daerah yakni di Kota Kendari, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan.

"Sebanyak 500 paket untuk 10 kecamatan di Kota Kendari dengan berat per paketnya 3,5 kilogram. Jadi totalnya 1.750 kilogram atau 1,75 ton. Disamping kami membagikan di Kota Kendari kami juga membagikan di Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan dengan total ikan yang kami bagikan seluruhnya mencapai 5 ton dengan berat rata-rata 3,5 kg per paket," kata Amdali di Kendari, Rabu.

BKIPM menyerahkan secara simbolis 1,75 ton ikan kepada Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir di rumah jabatan Wali Kota Kendari. Selanjutnya dilepas oleh wali kota agar disalurkan ke warga yang membutuhkan di 10 kecamatan di kota itu.

"Setiap tahunnya kita memang melakukan pembagian ikan kepada masyarakat yang kurang mampu dengan tujuan meningkatkan gizi masyarakat sendiri dan juga tentunya untuk menjaga ketahanan kesehatan mereka," tutur Hamdali.

Selain itu, ia berharap dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban hidup warga khususnya mereka yang terdampak dan juga bisa meningkatkan imunitas masyarakat dengan mengkonsumsi ikan yang sehat dan bermutu.

"Apalagi di saat sekarang ini saat pandemik COVID-19 tentunya mereka sangat berdampak, tentu kegiatan ekonomi mereka akan terhenti," ungkapnya. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (baju putih) didampingi Kepala BKIPM Kendari, Amdali Adhitama (kanan) saat melihat paket ikan di dalam mobil box yang akan diberikan kepada warga kurang mampu di kota itu. BKIPM Kendari memberikan bantuan ikan sebanyak 1,75 ton bagi warga Kota Kendari. (ANTARA/Harianto)

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengucapkan terimakasih kepada pihak BKIPM yang telah memberikan bantuan bagi warganya. Menurutnya dengan bantuan tersebut dapat meningkatkan gizi dan imunitas mereka di tengah pandemi COVID-19.

"Saya kira ini salah satu bahan makanan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan tentu juga ini nanti akan menambah imunitas masyarakat kita. Saya yakin gizinya akan terjaga dan saya mewakili masyarakat Kota Kendari mengucapkan terimakasih atas semua bantuannya," ungkapnya.

Sulkarnain berpesan kepada warganya khususnya mereka yang menerima bantuan tersebut agar segera diolah secepatnya bantuan itu karena bantuan itu memiliki masa kadaluarsa

"Saya pesan kepada masyarakat yang menerima segera diolah bantuan ini supaya bisa bermanfaat dan bisa digunakan oleh keluarga apalagi ini menjelang lebaran," pungkasnya.
   

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024