Kendari (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kegiatan sosial membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu di kawasan konservasi di Pulau Labengki Kecil dan Pulau Meong, Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Kepala BKSDA Sultra, Sakrianto Djawie mengatakan pembagian paket sembako yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian pihaknya kepada warga khususnya yang kurang mampu di sekitar kawasan konservasi yang terdampak akibat adanya virus corona atau COVID-19.

"Paket sembako yang kami berikan terdiri dari beras, gula pasir, indomie, susu kaleng, minyak goreng. Pemberian sembako ini bersumber dari sumbangan sukarelawan rimbawan BKSDA Sultra dan Mitra seperti PT Labengki Nirwana Resort (LNR)," kata Sakrianto dalam rilis BKSDA Sultra, yang diterima Sabtu.

Dia mengungkapkan, sasaran pembagian sembako tersebut adalah masyarakat kurang mampu seperti lansia, janda tua dan duda tua di tersebut.

"Di Pulau Meong kami berikan kepada 20 Kepala Keluarg (KK) yang penduduknya mayoritas Suku Bajo yang rumahnya di laut dan di Pulau Labengki Kecil di sekitar Taman Wisata Alam Teluk Lasolo sebanyak 35 KK," tuturnya.
  Pihak BKSDA Sultra saat memberikan bantuan paket sembako kepada warga di Konawe Utara guna membantu meringankan ekonomi mereka di tengah adanya wabah virus corona (ANTARA/HO-BKSDA Sultra)

Saat melakukan kegiatan pembagian paket sembako kepada masyarakat di daerah itu, Kepala BKSDA Sultra didampingi oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II, Kepala Resort KSDA, dan kepala desa setempat.

"PT LNR adalah salah satu mitra BKSDA Sultra yang bergerak di bidang izin usaha pemanfaatan sarana wisata alam (IUPSWA) di TWA Teluk Lasolo. Kita berterimakasih dan apresiasi kepada rimbawan dan mitra dalam berbagi peduli dampak COVID-19," pungkasnya.

Untuk diketahui, pembagian sembako yang dilakukan oleh BKSDA Sultra di daerah Konawe Utara merupakan kegiatan sosial keempat kalinya di kawasan konserbasi dari 12 kawasan konservasi melalui program BKSDA Sultra berbagi.

Sebelumnya mitra BKSDA Sultra PT LNR membagikan sembako sebanyak 115 paket pada 18 April 2020 yang didistribusikan kepada karyawannya dan masyarkat Kota Kendari yang merupakan wujud kepedulian dampak pandemi COVID-19.

Kemudian pada tanggal 19 April 2020 kegiatan serupa dilaksanakan di Desa Amolengo, Desa Ampera, dan Desa Ulunese Kabupaten Konawe Selatan di sekitar Suaka Margasatwa (SM) Tanjung Peropa dan SM Tanjung Amolengo kepada 24 KK. Dan pada 23 April 2020 dilaksanakan di Desa Kalo Kalo dan Desa Bangun Jaya Kabupaten Konawe Selatan di sekitar SM Tanjung Batikolo, kepada 36 KK dari sumbangan sukarelawan BKSDA Sultra.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024