Baubau (ANTARA) - Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mendonasikan bahan pokok untuk warga terdampak Covid-19 dengan mendukung penerapan pola 'semesta' yang digalakkan daerah itu dalam penanganan dan pencegahan penyebaran wabah virus jenis baru tersebut secara bersama-sama. 

Ketua BKMT Baubau, Dr Nanik Hindaryati Ningsih, di Baubau, Kamis, mengatakan, kegiatan berbagi yang dilakukan pihaknya seperti saat ini merupakan program BKMT Baubau sejak dulu dibawah kepemimpinan Ny Sartini Tamrin dalam membantu warga masyarakat ditengah kondisi kesulitan. 

"Sebenarnya kegiatan ini adalah kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu dalam program berbagi kepada kaum duafa. Kalau tahun-tahun yang lalu itu kita langsung ke lokasi-lokasi menyebarkan sendiri, tetapi ini kita serahkan kepada sekber gugus tugas untuk menyalurkannya," ujarnya. 

Ditengah bencana wabah virus Corona saat ini, menurutnya, ibu-ibu majelis taklim sebagai mitra pemerintah harus bersatu melawan Covid-19 dengan mematuhi imbauan dan anjuran pemerintah baik social distancing, phisical distancing dan lainnya. 

"Artinya ini adalah tugas bersama seluruh masyarakat Kota Baubau. Jadi bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tetapi dengan kekompakan masyarakat bersama pemerintah maka semua ini dapat kita minimalisasi penyebarannya. Makanya kami sebagai mitra pemerintah dan garda terdepan dalam pembangunan, dengan semangat polima siap bersatu melawan Covid-19," ujarnya. 

Selaku ketua BKMT yang diberi amanah menakhodai organisasi, kata Nanik, akan selalu berupaya melanjutkan program-program dan keinginan ketua BKMT sebelumnya Ny Sartini Tamrin yang merupakan ibu Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin. 

"Jadi saya hanya meneruskan dari ibu ketua BKMT Hj Sartini Tamrin. Dulu saat sehat beliaulah yang menakodai, namun ketika dalam kondisi belum sehat maka beliau mengamanahkan agar saya melanjutkan. Melanjutkan ini artinya program-program keinginan beliau," ujar Ny Nanik yang merupakan isteri Sekda Baubau, Dr Roni Muhtar. 

Dia juga mengatakan, kegiatan berbagi dan membantu sesama ditengah kesulitan seperti sekarang ini adalah bentuk nyata dari implementasi nilai-nilai Polima yang digaungkan Walikota Baubau.

Pada penyerahan donasi bantuan BKMT di sekber Gugus tugas Covid-19 Baubau, yakni 107 karung beras ukuran 5kg, minyak goreng 51 bungkus ukuran 1 liter, terigu 107kg, gula pasir 107kg, dan masker sebanyak 214 lembar. 

Dihari yang sama juga, peguyuban keluarga jawa di Baubau mendonasikan 51 rak telur, minyak goreng 51 liter, gula pasir 51kg, terigu 51kg, indomie 255 bungkus, dan masker 51 lembar.     

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024