Kendari (ANTARA) - Pihak manajemen pusat perbelanjaan Lippo Plaza Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan pengecekan suhu tubuh setiap pengunjungnya yang hendak masuk di mall tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona (COVID-19).

Marketing Communication Lippo Plaza Kendari, Wiwiek Aryanti di Kendari Kamis mengatakan pengecekan pada suhu tubuh ini awalnya hanya dilakukan pada internal pegawai, namun karena maraknya pemberitaan tentang COVID-19, maka pihaknya juga melakukan pemeriksaan kepada setiap pengunjung guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

"Di dalam Lippo sendiri itu sudah kita sosialisasikan setelah ribut - ribut soal corona ini, pertama hanya khusus diinternal saja, tapi karena semakin banyaknya korban yang positif, olehnya itu kita sudah keluarkan aturan pencegahan bagi masyarakat yang masuk ke Lippo Kendari," kata Wiwiek.

Ia mengungkapkan, setiap pengunjung Lippo akan dicek suhu tubuhnya dengan alat pengukur suhu tubuh oleh security mall yang melakukan penjagaan di depan pintu masuk utama. Bagi pengunjung, kata dia, yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derat celcius, maka pihak Lippo tidak akan mengizinkan masuk di dalam area Lippo sementara waktu.

"Jika suhu tubuh lebih dari 37 derajat maka kita tidak bolehkan dulu masuk dalam mall. Pengecekan suhu tubuh ini akan terus dilakukan oleh pihak Lippo sampai betul-betul perkembangan kasus virus corona ini steril dan ada instruksi langsung dari pimpinan Lippo Plaza pusat," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa upaya pemeriksaan suhu tubuh bagi pengunjung Lippo dilakukan secara mandiri dan belum ada koordinasi dengan pemerintahan setempat.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pemeriksaan suhu tubuh ini tidak hanya dilakukan di Lippo Plaza Kendari, tetapi di 40 cabang Lippo di Indonesia. Selain pengecekan suhu tubuh beberapa langkah yang dilakukan antara lain menyemprotkan desinfektan di beberapa fasilitas publik, menjaga kebersihan fasilitas yang banyak digunakan oleh pengunjung seperti tombol lift, hand rail eskalator, dan fasilitas lainnya.

"Termasuk menyediakan hand sanitizer di beberapa titik strategis di mall untuk memudahkan pengunjung menjaga kebersihan tangan. Lippo berupaya mendukung upaya yang dilakukan pemerintah untuk bersatu mewujudkan Indonesia yang lebih sehat," pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024