Kendari (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan bagi Calon Jamaah Haji Kota Kendari 2020 bertempat di Puskesmas Poasia, Selasa.

Kepala Dinkes Kendari, drg Rahminingrum, mengatakan rangkaian pemantauan dan pemeriksaan kesehatan para Jamaah calon Haji sebelum berangkat hingga berangkat sudah dilakukan sebanyak dua kali dengan prosedur yang telah sesuai.

"Prosedurny yaitu pengecekan tekanan darah, Tes Urine, Pemeriksaan Dokter, Pemberian resep, dan Pemberian Vaksin," katanya.

Ia juga berpesan kepada jamaah calon haji agar senantiasa mematuhi saran dan imbauan para petugas medis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bagi para calon  jamaah haji, agar senantiasa mematuhi saran dan himbauan para petugas medis ,kemudian para petugas kesehatan, untuk kiranya memberikan pelayanan yg sebaik baiknya kepada calon jemaah haji Kota Kendari," katanya.

Rahminingrum juga berpesan untuk para calon jamaah haji untuk kiranya setelah kembali dari tanah suci untuk tetap melakukan pemeriksaan di puskesmas di daerah tempat masing-masing agar bisa selalu terpantau.

"Saya juga ingatkan tips mengenai cara mengatasi dan meminimalisir penyebaran Virus Corona yaitu dengan cara mencuci tangan sesering mungkin, melakukan pemeriksaan kesehatan secepat mungkin jika mengalami flu batuk untuk menggunakan masker," katanya.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024