Kendari (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajak guru dan siswa di Kota Kendari, untuk bersama-sama memerangi peredaran gelap Narkoba, khususnya di lingkungan sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Ghiri Prawijaya saat memberi sambutan kegiatan informasi dan edukasi melalui media konvensional tatap muka tingkat Sekolah Menengah Atas Swasta se-Kota Kendari, Kamis.

"Kita memberikan informasi kepada guru BK dan wali siswa tentang model intervensi ketahanan keluarga dan remaja serta melakukan edukasi terhadap siswa-siswi agar mampu membangun kepercayaan diri sehingga dapat menumbuhkan ketahanan diri remaja terhadap penyalahgunaan narkoba," kata Ghiri.

Ghiri mengungkapkan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika merupakan kejahatan luar biasa yang mengancam dunia dan bisa digunakan sebagai salah satu senjata dalam "proxy war" (perang proksi) untuk melumpuhkan kekuatan bangsa.

"Oleh karena itu harus diberantas dan ditangani secara komprehensif dan menyeluruh," ungkapnya.

Kepala Bidang P2M BNNP Sultra, Harmawati saat memberikan materi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada guru BK, Wali Kelas dan perwakilan siswa-siswi SMA Swasta se-Kota Kendari. (ANTARA/Harianto)


Selain itu, Ghiri mengungkapkan di Sulawesi Tenggara, saat ini tercatat angka prevalensi penyalahgunaan narkoba sebesar 1,58 persen atau sejumlah 29.012 orang.

"Dengan sasaran para guru Bimbingan Konseling Wali Siswa serta siswa-siswi sekolah menengah atas diharapkan dapat mewakili setiap sekolah dalam memberikan informasi dan edukasi yang difokuskan kepada keluarga atau orang tua siswa sehingga menjadi faktor ketahanan diri remaja terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba," katanya.

Kegiatan informasi dan edukasi melalui media konvensional tatap muka tingkat Sekolah Menengah Atas Swasta itu dilaksanakan oleh Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Sultra, dan diikuti oleh guru Bimbingan Konseling, wali siswa serta perwakilan siswa-siswi SMA Swasta se-Kota Kendari.


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024