Kendari (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) pada mahasiswa baru di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari,

Wakil Dekan FTIK IAIN Kendari Dr Masdin di Kendari, Sabtu, mengatakan  Sosialisasi P4GN ini merupakan salah satu cara mencegah dan memberantas peredaran narkoba di lingkungan pendidikan, dan hal itu dapat mewujudkan kampus yang bersih dari narkoba,

"Kami mengapresiasi keseriusan BNN dalam memberantas peredaran gelap narkoba di lingkup pendidikan khususnya di perguruan tinggi," kata Masdin.

Ia juga mengatakan, dari pihak kampus IAIN Kendari mewajibkan pemeriksaan urine kepada seluruh mahasiswa baru maupun mahasiswa yang akan diwisuda. Mahasiswa baru IAIN Kendari, saat menjadi peserta sosialisasi P4GN oleh BNNP Sultra. (ANTARA/Harianto)
Menurut Masdin, kegiatan ini juga dalam rangka pelaksanaan Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi P4GN khususnya di lingkungan pendidikan.

Sosialisasi P4GN tersebut dilakukan oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sultra Yuyun Yulianti bersama 9 orang staf BNNP Sultra yang ditugasi untuk pemeriksaan urine kepada siswa baru, yang bertempat di ruang Auditorium IAIN Kendari.

Sebelumnya, IAIN Kendari telah mendeklarasikan bersih narkoba sejak tahun 2017. Hingga saat ini IAIN Kendari rutin melaksanakan pemeriksaan urine bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa yang akan wisuda.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024