Baubau (ANTARA) - Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, AS Tamrin, meminta camat/lurah untuk proaktif menggenjot kebersihan di wilayahnya seiring akan adanya tim penilaian kota sehat tahun 2019.

"Terkait dengan persiapan kunjungan lapangan, maka ini saya harapkan seluruh instansi badan/kantor, camat dan lurah untuk pro aktif karena hal ini terkait dengan kebersihan dan kesehatan," kata Wali Kota saat memberikan sambutan pada rapat persiapan kunjungan lapangan tim verifikasi kabupaten/kota sehat (KKS) tingkat pusat tahun 2019, di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Senin.

Pada pertemuan itu, Tamrin mengingatkan kembali kepada para lurah untuk memperhatikan kebersihan wilayahnya karena telah dicanangkan Baubau, kota sehat dan bersih.

"Saya melihat masih banyak pagar-pagar tembok yang tercoret-coret dan pagar yang sudah berlumut dan terkupas-kupas. Maka itu, dalam forum ini saya mengingatkan lagi khususnya kepada lurah-lurah harus menjaga, memelihara dan merawat wilayahnya," kata Tamrin.

Kemudian, selain persiapan penilaian kota sehat, suasana bersih-bersih juga akan terhubung dengan kegiatan perayaan 17 Agustus, HUT Kota Baubau dan berlanjut pada kegiatan Festival Keraton Masyarakat Adat Asean (FKMA).

"Kita akan kedatangan tamu sehingga kota harus terlihat bersih dan rapih. Lurah sebagai tokoh dan sosok panutan di wilayahnya hendaknya mendekati masyarakat untuk menjaga lingkungannya," katanya.
  Pembukaan rapat persiapan kunjungan lapangan tim verifikasi kabupaten/kota sehat (KKS) tingkat pusat tahun 2019, di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Senin (12/8/2019). (Foto/Azis Senong)

Selain itu, Baubau sudah masuk dalam nominasi kota sehat, secara administrasi sudah melalui tahapan pemeriksaan dokumen. Oleh karena itu dokumen administrasi juga harus rapi dan tertib, termasuk indikator yang menyentuh aktifitas penilaian kota sehat.

Pada kegiatan yang dihadiri Sekda Kota Baubau, Roni Muhtar, unsur Forkomoimda Baubau, sejumlah kepala OPD, TP-PKK Baubau, pokja akselesarasi kota sehat, camat dan lurah se-Kota Baubau itu, Wali Kota AS Tamrin juga tak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.*

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024