Baubau (ANTARA) - Ribuan warga Kota Baubau Sulawesi Tenggara melaksanakan shalat Idul Adha 1440 Hijriah di lapangan sepak bola Kelurahan Waruruma, Minggu.

Pelaksanaan shalat Idul Adha itu dipimpin Imam shalat oleh Ust Zaina dan Khotib Idul Adha Ust La Ode Anami.

Khatib menyerukan umat Islam agar meneladani kisah Nabi Ibrahim dan putranya Ismail dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

Ia mengatakan, beberapa peristiwa yang telah terjadi sebagai momentum sejarah yang erat sekali kaitannya dengan kisah Nabi Ibrahim dan keluarganya terlukis dengan tinta emas dalam lembaran sejarah peradaban umat manusia.

"Ibrahim adalah pembangun ka'bah rumah tauhid. Nabi Ibrahim adalah penantang penyembah berhala walaupun dia sendiri justru dibesarkan oleh seorang pembuat berhala," tutur La Ode Anami dalam ceramahnya bertema "Belajar dari Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail".

Ia mengisahkan, suatu hari Nabi Ibrahim diadili oleh raja karena telah menghancurkan berhala-berhala mereka dengan kapak besar. Ibrahim dituduh berbuat makar sehingga dieksekusi dan dikenai hukuman bakar. Namun berkat kekuasaan Allah SWT, Ibrahim selamat dari amukan si jago merah.

Kemudian, saat Nabi Ibrahim membangun sebuah bangunan sederhana berbentuk kubus sebagai tempat ibadah kepada Allah tidak ada yang mengira bahwa tempat tersebut akan menjadi pusat jalinan persaudaraan paling tulus.

Dari kisah sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim, kata dia, penjawentahan penerapan aqidah islamiah memerlukan tekad dan perjuangan yang berani mengorbankan jiwa, harta, perasaan tersebut perlu diorentasikan dalam gerak perjuangan menghadapi gerakan kemusyrikan dan kemurtadan baik terselubung maupun secara terang-terangan.

Dia juga mengatakan, saat ini sekitar 1, 6 juta lebih saudara-saudara kita menunaikan ibadah haji. Ibadah haji adalah panggilan Allah menuju Baitullah yang ditujukan kepada orang-orang yang beriman diseluruh dunia.

"Kita yakin bahwa ibadah haji adalah rencana Allah SWT. Ibadah haji memang sangat indah pada saat masyarakat dunia banyak kehilangan arah dan pegangan hidup," ujarnya.

Disampaikannya juga, ibadah haji pada pokoknya adalah berjalan mengubah diri menuju kepada Allah. Haji adalah sebuah contoh pertunjukan terciptanya Adam dan perjuangan Ibrahim dalam melawan godaan syaitan dan menegakkan ajaran Allah.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024