Muna Barat (ANTARA) - Pesawat Citilink dipastikan akan beroperasi melayani rute penerbangan Makassar (Sulawesi Selatan) menuju Kabupaten Muna Barat (Sulawesi Tenggara) atau sebaliknya. 

"Sudah ada kesepakatan antara kami dengan Citilink pada Kamis (28/3)," kata Bupati Muna Barat Lao Ode Muhammad Rajiun Tumada di Muna Barat, Jumat.
    
Pesawat jenis ATR Citilink yang akan beroperasi di Bandara Sugimanaru Kabupaten Muna Barat tersebut dimulai pada Senin (1/4) mendatang.

Sebelumnya, kata dia, pesawat yang beroperasi di Bandara Sugimanaru Kabupaten Muna Barat adalah Wings Air dan Garuda sehingga dengan tambahan Citilink maka yang beroperasi di daerah ada tiga maskapai penerbangan.

"Tentunya dengan penambahan maskapai di sini diharapkan bisa lebih menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat," katanya.

Ia mengatakan, pesawat yang bisa mendarat di Bandara Sugimanaru memang ukurannya kecil ATR karena landasan pacu bandara ini belum terlalu panjang.
    
Panjang landasan Bandara Sugimanaru sekitar 1.600 meter, sedangkan untuk pesawat berbadan besar minimal memiliki panjang landasan di atas 1.850 meter.
    
Jalan menuju ke Muna Barat yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Muna itu bisa ditempuh dengan jalur udara dan laut. Kalau dari jalur udara (pesawat terbang) berangkat dari Makassar (Sulawesi Selatan), sedangkan jalur laut bisa melalui Kota Kendari.
    
Jika menempuh jalur laut, dari KotaKendari bisa ditempuh dalam waktu lima jam dengan kapal feri milik Pelni. Kalau berangkat dari Pelabuhan Kota Kendari sekitar pukul 22.00 Wita maka akan tiba di Raha (Kabupaten Muna) sekitar pukul 04.00 Wita kemudian baru melanjutkan jalan darat ke Kabupaten Muna Barat sekitar 20 menit.


 

Pewarta : Hernawan Wahyudono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024