Kendari (Antaranews Sultra) - Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih predikat B atau predikat baik dengan nilai 62,23 dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2018.
       
Hasil penilaian itu diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin, kepada Bupati Konsel Surunuddin Dangga pada acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/kabupaten/kota Wilayah III di Makassar, Selasa.
       
Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, mengatakan, predikat B yang dicapai merupakan prestasi yang sangat membanggakan karena dapat mempertahankan predikat ini dari tahun sebelumnya pada 2017.
     
 "Ini merupakan bukti keseriusan dan hasil kerja nyata kita bersama seluruh perangkat daerah Kabupaten Konawe Selatan dalam memberikan pelayanan dan tata kelola pemerintahan yang baik, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Target kita tahun 2019 bisa naik level menjadi predikat A," kata Surunuddin.
   
  Dikatakan, tujuan evaluasi itu untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggung jawaban terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan guna penyempurnaan pengelolaan anggaran yang efektif dan efisien.
     
"Upaya kita untuk meraih predikat A adalah meningkatkan kualitas SAKIP dengan terus melakukan monitoring dan evaluasi penerapan RPJMD dibarengi dukungan sumber daya manusia yang berkomitmen dan berintegritas dan saling bersinergi antara organisasi perangkat daerah (OPD), serta penggunaan anggaran harus efektif dan efisien dan mengaplikasikan seluruh arahan menpan dan deputinya," katanya.
     
 Dikatakan, aparatur sipil bekerja bukan untuk menang, skor, prestasi tapi bekerja untuk peradaban panjang dan masa depan kemajuan bangsa itulah aaparatur sipil yang sesungguhnya guna berjalannya pemerintahan yg baik.
   
  "SAKIP merupakan sistem pengontrol tata kelola yg baik serta efektif dan efisien dalam pemerintahan Guna penggunaan anggaran yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024