Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), memdapat catatan prestasi dalam penyelenggaraan pemerintahan yakni dengan memperoleh penghargaan SAKIP atau Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah dengan predikat B dari Menpan RB.
     
Pelaksanaan SAKIP Award tahun 2019 ini diselenggarakan oleh Menpan-RB Republik Indonesia yang bertempat di Makassar, Selasa, diterima langsung oleh Bupati Konawe Utara, Ruksamin. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Syafruddin, selaku Menteri dan beberapa orang deputi Dari Menpan-RB.
       
Bupati Konawe Utara, Ruksamin,  mengatakan, perolehan penghargaan itu tidak lepas dari kerja keras dan komitmen kuat Pemerintah Daerah untuk mengimplementasikan SAKIP dalam tata kelola pemerintahan.
     
 "Setiap instansi pemerintah didorong agar mampu menerapkan manajemen berbasis kinerja secara tepat. Dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, hingga pelaporan," katanya.
     
Penerapan SAKIP ini tambahnya, memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan bagi kesejahteraan masyarakat.
       
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin, dalam kesempatan itu mengatakan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 telah berhasil menghemat anggaran sebesar Rp65,1 triliun.
       
Melalui SAKI katanya, paradigma kinerja pemerintah berubah, bukan lagi sekadar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan, namun bagaimana melakukan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai sasaran tersebut.
     
Dari hasil evaluasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia, Konawe Utara dapat predikat B, nilai itu merupakan nilai yang sangat meningkat dari hasil evaluasi pada tahun 2017 lalu yang hanya mendapat predikat C di tahun 2018 dan pada tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Konawe Utara sejak terbentuk hanya mendapat predikat D. 
       
Penghargaan ini merupakan sebuah peningkatan prestasi kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara yang dipimpin oleh Ruksamin-Raup.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024