Kendari (ANTARANews Sultra) - Kontingen Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan diri sebagai juara umum pada ajang Pekan olahraga provinsi (Porprov) ke-XIII yang dipusatkan di Kabupaten Kolaka.

Keterangan yang dihimpun dari pimpinan regu Kota Kendari, Jumat hingga hari ke-9 pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov), Kontingen Kota Kendari masih mendulang medali terbanyak dari kontigen lainya.

Sesuai data perolehan medali di Media Centre Porprov, kontingen Kota Kendari sudah mengumpulkan 155 medali emas, 96 medali perak dan 102 medali perunggu.

Disusul kontingen tuan rumah Kabupaten Kolaka dengan 99 medali emas, 105 medali perak dan 112 medali perunggu. diurutan ketiga masih bertahan kontingen Kabupaten Muna dengan mengoleksi 74 medali emas, 80 medali perak dan 102 medali perunggu.

"Medali yang diraih ini, merupakan wujud dari kerja keras atlet dan pelatih, selama masa latihan dua tahun," ujar Ketua KONI Kota Kendari Alamsyah Lotunani.

Alamsyah mengungkapkan, pemerintah Kota Kendari, sudah menyiapkan bonus bagi atlet dan pelatih peraih medali, sebagai wujud apresiasi atas prestasi yang dicapai timnya.

"Bonus atlet peraih medali sudah dianggarkan dalam APBD 2019, dan mengenai jumlah bonus, disesuaikan dengan alokasi anggaran," kata Alamsya yang juga mantan Sekertaris Kota Kendari itu.

Baca juga: Kolaka optimistis lahirkan pebulutangkis handal

Dari perolehan medali tersebut, kontingen kota Kendari dipastikan merebut juara umum pada Porprov ke 13 Sultra yang berlangsung empat tahunan itu.

Hingga hari ke-10 pelaksaan porprov, tersisa satu cabang olah raga yang belum diselesaikan yakni sepak bola, sementara 31 cabang lainnya telah dipertandingkan.

Rencana, laga final? cabang olahraga sepak bola, akan digelar saat penutupan pelaksanaan porprov ke 13, pada Jumat 14 Desember 2018 di stadion Gelora 45 Kabupaten Kolaka dengan dua kesebelasan yang masuk final adalah kesebelasan tuan rumah Kolaka berhadapan dengan kesebelasan Kabupaten Bombana.

Baca juga: Kolaka raih dua emas cabang panjat tebing

Baca juga: Kendari dan Kolaka berbagi emas air pistol

Usai laga final dua kesebelasan itu, Ketua KONI Provinsi yang juga selaku wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas akan menutup secara resmi Porprov XIII yang didampingi Bupati Kolaka Ahmad Safei.

Baca juga: Saat Porprov, omzet rumah makan di Kolaka melonjak

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024