Baubau (Antaranews Sultra) -?Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, memiliki banyak potensi yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk inovasi dalam memajukan daerah.

"Baubau luar biasa, lautnya memiliki banyak ikan, pertaniannya cukup baik, tinggal kejelian dan kemauan semua pihak untuk mengeksplor sumber dayanya," ujar Kepala Pusat Inovasi Daerah Kemendagri, Safrizal, usai menghadiri kegiatan Replikasi Inovasi Daerah 2018, di Baubau, Jumat.

Menurutnya, kegiatan replika inovasi sangat bermanfaat dalam rangka membangkitkan gairah berinovasi. Bahkan semakin luas spektrumnya akan lebih baik supaya semua pihak bisa mengambil peran dalam berinovasi.

"Jadi semua orang harus berinovasi. Kemudian harus berkolaborasi karena inovasi tidak bisa berdiri sendiri, tapi kerja sama dan integrasi," katanya.

Dia berharap, target dalam dua tahun Baubau menjadi salah satu kota terinovatif di Indonesia. Oleh karena itu, ke depannya inovasi itu harus memiliki fokus, sehingga bisa melahirkan produk dan hasil.

"Harapannya, dalam dua tahun ini harus menggerakan semua potensi, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan inovasi agar tercipta tata kelola pemerintahan kredibel dan akuntabel," katanya.

Dalam pemaparannya pada kegiatan yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Baubau itu, kata dia, bagaimana inovasi dibangkitkan di negeri ini. Untuk mengembangkan inovasi itu seperti melalui sistem pikir sendiri atau sistem replikasi.?

Sementara itu, Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, pihaknya berupaya menggalakan inovasi-inovasi karena daerah membutuhkan agar kemajuan kota bisa berjalan lebih cepat.

"Saya kira tadi sudah dijelaskan bahwa beberapa inovasi yang akan kita kedepankan ini seperti inovasi dalam pelayanan publik, inovasi tata pemerintahan dan inovasi pada sisi pariwisata," katanya.

Untuk menciptakan inovasi daerah tersebut, menurutnya, tentunya dengan mencari jalan terbaik yang ?mungkin mereplikasi atau mengambil percontohan dari suatu daerah yang telah berhasil sehingga diaplikasikan sesuai dengan kondisi daerah.

Dia juga berharap, semua pihak dapat mendukung inovasi-inovasi yang akan dilakukan tersebut. Dan dari sisi pemerintahan juga harus betul-betul berperan karena adanya pelayanan publik yang menyangkut birokrasi.

 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024