Kendari (Antaranews Sutra) - 12 peserta lolos ke babak Grand Final bintang radio RRI Kendari, Sulawesi Tenggara setelah menyisihkan 36 peserta lainnya pada semi final yang berlangsung di Auditorium LPP RRI Kendari.

Para peserta yang masuk ke grand final tersebut terdiri dari enam pria dan enam putri.

Tim Yuri pemilihan bintang radio 2018, Muhammad Ikbal Piagi di Kendari, Jumat mengatakan, dari 12 peserta yang masuk dan grand final itu adalah untuk peserta pria ?Zuhri Razak, Nur Hidayat, Jonathan Hutapea, Islam Maliki, Musrijan dan La Ode Suharmin.

Sementara untuk finalis putri yakni Kartika, Catrine, Vita Mauris, Sekar, Asfia Raihani dan Nadya. Mereka akan kembali tampil di malam Grand Final pada 1 September 2018.

Selain Muhammad Ikbal Piagi, dewan juri yang melakukan penilaian yakni Ahmad Djamaluddin, Lidya Amelia Margarith Lakada.

Ikbal Piaga yang juga pelatih vokal itu mengatakan, ada beberapa kriteria penilaian dewan juri terhadap para peserta yakni kualitas suara, tehnik vocal dan penampilan. Selain itu, point terpenting dalam penilaian adalah materi vocal yang memiliki karakter seperti penyanyi sekarang.

Pada babak Grand Final nanti, para peserta akan menyanyikan satu lagu berdasarkan undian. Adapun lagu wajib yang akan dinyanyikan para peserta tersebut untuk kategori pria yakni Kekasih Bayangan (Cakra Khan), Manusia Kuat (Tulus), Sampai Kau Jadi Milikku (Judika), Dia (Sammy Simorangkir), Perahu Cinta (Aldi Bria), Sirna (Virza).

Sementara lagu untuk kategori putri yakni Tetap Dalam Jiwa (Isyana Saraswati), Buktikan (Yura Yunita), Bulan Dikekang Malam (Rossa), Selalu Ada (Reza Artamevia), Teduhnya Wanita (Raisa), Penipu Hati (Tata Janeta)

Para pemenang pada Grand Final akan mewakili Sulawesi Tenggara pada ajang Bintang Radio Indonesia di Jakarta. Seperti tahun sebelumnya Juara Bintang Radio Indonesia juga diberi kesempatan tampil dalam Internasional ABU (Asean Broadcasting Union) Radio Song Festival, yakni kompetisi bagi juara bernyanyi di radio-radio di Asia Pasifik.

(T.A056/B/S025/C/S025) 31-08-2018 15:42:15

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024