Kendari  (Antaranews Sultra) - Pengamanan yang dilakukan aparat Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara dalam rangkaian perayaan malam tahun baru Imlek dan ibadah khusnya masyarakat Tionghoa di daerah ini berlangsung lancar dan kondusif.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sultra, AKBP Sunarto di Kendari, Jumat mengatakan, kegiatan diawali dengan apel kesiapan pasukan personel pengamanan Tahun Baru Imlek pada Kamis (15/2) oleh seluruh jajaran Polda Sultra.

Kemudian dilakukan sterilisasi tempat-tempat ibadah sebanyak lima lokasi sebagai tempat sebagai dipergunakan oleh masyarakat yang merayakannya.

"Alhamdulillah sejauh ini, pengamanan tempat- tempat ibadah untuk kondisi Kamtibmas sejak tadi malam hingga siang hari ini kondusif," ungkap Sunarto.

Mantan Kapolres Buton dan Muna itu mengatakan, sedikitnya ada lima tempat pengamanan ibadah yakni Vihara Eka Dharma Manggala di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat, Vihara Tekad Maitreya yang berada di Jalan Mayjen S Parman, Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari.

Sementara untuk wilayah Kota Baubau, yakni Vihara Cakrawala Dharma yang berada di Jalan Muh Husni Tamrin Kelurahan Tomba Kecamatan Wolio dan Vihara Budhata Maitreya beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kelurahan Tomba Kecamatan Wolio Kota Baubau.

"Kalau untuk di Kabupaten Kolaka yakni Vihara Budha Maitereya di Jalan Pramuka dan dilaporkan aparat polres setempat juga berlangsung komdusif," terangnya.

Sunarto juga menambahkan, pengamanan juga dilakukan di tempat-tempat sentral keramaian masyarakat seperti pusat perbelanjaan dan lokasi objek wisata, karena hari libur dua hari kedepan dipastikan masyarakat banyak berkunjung ke objek objek pantai.

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga situasi yang terkendali dan kondusif selama saudara-saudara kita merayakan peringatan tahun baru Imlek," tutupnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024