Kendari (Antaranews Sultra) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara menyatakan bahwa tiga pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur daerah itu memenuhi syarat atau lolos tes kesehatan.

"Setelah kami membaca semua hasil pemeriksaan kesehatan yang telah diserahkan oleh tim pemeriksa kesehatan, semua bakal calon dinyatakan memenuhi syarat," kata ketua KPUD Sultra, Hidayatullah, pada saat pleno penetapan hasil pemeriksaan kesehatan bakal paslon di kantor KPU Sultra, Rabu.

Ia mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan yang dikeluarkan atau diserahakan Direktur RSUD Bahkeramas Sultra, Yusuf Hamra bersifat final.

"Sehingga ketika ada yang tidak memenuhi syarat maka tidak ada lagi perbaikan. Tetapi syukur semua memenuhi syarat," katanya.

Hasil pemeriksaan tersebut kemudian diserahkan juga kepada tim LO masing-masing pasangan calon, dan satu tim LO yang tidak hadir adalah tim LO pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas.

Terdapat tiga pasangan calon bakal cagub/cawagub tersebut adalah Asrun-Hugua yang diusung oleh PAN (9 kursi), PDIP (5 kursi), PKS (5 kursi), Gerindra (4 kursi) dan Hanura (3 kursi) total 26 kursi.

Kemudian pasangan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar yang diusung oleh Partai Demokrat (6 kursi), PPP (2 kursi) dan PKB (1 kursi) total 9 kursi.

Selanjutnya pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas yang diusung dua parpol yakni Partai Golkar (7 kursi) dan Partai Nasional Demokrat atau Nasdem (3 kursi) total 10 kursi.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024