Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mendorong pemanfaatan pekarangan di daerah itu untuk tanaman lokal sebagai salah satu penyangga penyediaan pangan keluarga.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kendari, Siti Ganef, di Kendari, senin, mengatakan tanaman pangan seperti sayur-sayuan, singkong tidak membutuhkan lahan luas.

"Pemanfaatan pekarangan merupakan salah upaya peningkatan produksi pangan di wilayah perkotaan yang tidak tersedia lahan luas," kata Siti Ganef.

Menurut dia, hasil produksi pekarangan untuk bahan pangan mampu mendukung penyediaan bahan pangan berupa sayuran dan buah yang lebih beragam, bergizi, seimbang dan aman.

"Kalau cara ini bisa dimanfaatkan oleh warga, maka tentunya bisa menambah kesejahteraan dan mengurangi pengeluaran sehingga bisa menjadi penopang ekonomi warga," katanya.

Pemerintah kata Ganet, siap membantu warga dalam mengembangkan tanaman pangan lokal atau sayur-mayur dengan menyediakan bibit secara gratis.

"Sehingga untuk kebutuhan sayur tidak harus tergantung lagi di pasar, karena di halaman rumah pun bisa dilakukan penanaman dengan menggunakan media polibag," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024