Kolaka (Antara Sultra) - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan IV Universitas Sembilanbelas November Kolaka,  di Desa Lambangi Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, menyelenggarakan satu bentuk kegiatan pelatihan administrasi desa berbasis website yang dinamai aplikasi Opensource administrasi desa (OpenSID).

"OpenSID adalah sistem informasi desa yang bersifat terbuka dan bisa diakses semua masyarakat, dan dapat digunakan serta dikembangkan lebih lanjut tanpa biaya," ujar Muliyadi, salah seorang pemateri dalam pelatihan komputer itu melalui melalui Sub Bagian Kerjasama dan Humas USN Kolaka, Takwa Rahman di Kolaka, Minggu.

Dia mengatakan, aplikasi bersifat open source dan memiliki fitur yang lengkap itu, dapat mendukung kerja administrasi desa serta bisa digunakan untuk mempublikasi seluruh kegiatan di desa secara online.

Pelatihan administrasi desa berbasis website itu sebagai bentuk tambahan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa yang akan mengakhiri masa KKN mereka di desa itu.

Takwa Rahman menambahkan, kegiatan aplikasi Open SID itu, juga diikuti aparatur desa setempat bersama mahasiswa KKN. Para aparat desa cukup respon dengan kegiatan semacam ini karena mereka merasa sudah sangat membutuhkan, dan masyarakat tidak melek teknologi lagi dan hal ini menjadi pendukung dalam kelancaran kegiatan tersebut.

Sementara itu, dosen pembimbing mahasiswa KKN Posko Desa Lambangi, Kecamatan Wonggeduku Barat, Noorhasanah mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan di sisa waktu jelang penarikan mahasiswa KKN, memberikan nilai tambah terutama bagi warga masyarakat setempat.

"Pak desa maupun aparatnya bersama warga masyarakat, sangat berterima kasih kepada anak-anak mahasiswa KKN karena bisa berbagi pengetahuan, terutama berkenaan dengan pelatihan kegiatan administrasi desa berbasis komputer," ungkap Noorhasanah yang juga Dosen Fakultas Teknologi Informasi USN Kolakai.

Kades Lambangi Kecamatan Wonggeduku Barat, Lamba bersama Esta Khairuddin menyatakan rasa terima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa KKN di desanya itu.

"Kami ucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN USN Kolaka. Dengan adanya bantuan pembuatan sistem administrasi desa berbasis komputer, ikut menambah pengetahuan dan memudahkan pelayanan pemerintahan desa yang kami lakukan. Kami akan terus menjalin komunikasi dengan mahasiswa dan dosen pembimbing agar kegiatan yang telah diprakarsai bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024