Kendari, Antara Sultra - Tim Penggerak PKK Sulawesi Tenggara berkomitmen menjadi garda terdepan dalam menyukseskan program gerakan nasional tanam cabai di Sultra.

Ketua TP PKK Sultra, Tina Nur Alam, saat berikan sambutan pada pencanangan tanam cabai, di Kendari, Kamis, mengatakan TP PKK Sultra telah menandatangani MoU dengan kepala BPTP Sultra serta MoU dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sultra.

"Muara dari kerja sama itu adalah mewujudkan ketahanan pangan keluarga melalui gerakan Tanam Cabai di lahan pekarangan. Untuk itu, kelanjutan MoU tersebut, PKK dipercaya untuk membagikan dan mendistribusikan bibit cabai siap tanam kepada 17 kabupaten kota se-Sultra," kata Tina Nur Alam.

Ia mengatakan, bibit cabai tersebut disiapkan oleh BPTP Sultra dan saat ini sudah siap didistribusikan kepada kabupaten kota yang siap melakukan penanaman.

"PKK Kabupaten kota diminta menyiapkan lahan untuk penanaman cabai tersebut tentunya dengan bekerja sama dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat," katanya.

Menurut Tina, satu program prioritas PKK adalah pemanfaatan pekarangan (hatinya PKK) yang merupakan program unggulan dalam mendukung ketahanan pangan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga.

"Program ini merupakan jawaban akan kebutuhan terhadap sumber daya pangan yang terus meningkat, sementara ketersediaan lahan semakin terbatas," katanya.

Sehingga keberadaan lahan pekarangan sesempit apapun kata Tina, dapat memberikan hasil yang positif, apabila dimanfaatkan secara tepat dan optimal.

"Disinilah peran PKK yang memiliki struktur hingga di tingkat desa, sebagai salah satu kekuatan yang dipandang dapat menyukseskan keberhasilan pembangunan daerah," katanya.

Legislator PAN dapil Sultra ini mengaku, bahwa semua kantor TP-PKK, halamannya dan pekarangannya akan dimanfaatkan dengan tanaman pangan salah satunya adalah tanaman cabai.

"TP-PKK melalui kader di wilayahnya masing-masing dalam pembinaannya sampai ke Dasa Wisma yang ada di Kelurahan/Desa, sehingga ibu-ibu dasa wisma dapat memanfaatkan lahan kebun dasa wisma dan lahan pekarangannya dapat dimanfaatkan," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024