Baubau (Antara Sultra) - Legislator DPR RI, Wiryanti Sukamdani mendorong Perintah Kota Baubau untuk memfokuskan pengembangan sektor industri pariwisata yang potensinya di kota tersebut cukup besar.

Wiryanti yang juga anggota Komisi X DPR RI itu menyampaikan dorongan tersebut setelah berkeliling wilayah Kota Baubau dan melihat langsung Benteng Keraton Buton di kota tersebut.

"Saya sebagai anggota DPR yang membidangi pariwisata, akan membantu mempromisikan berbagai objek wisata di kota ini ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk di mancanegara," katanya ketika dihubungi dari Kendari, Selasa.

Menurut dia, Kota Baubau sebagai kota bekas pusat pemerintahan kesultanan Buton, pasti menyimpan banyak benda-benda peninggalan sejarah masa lampau yang bernilai sejarah.

Berbagai benda bernilai sejarah tersebut kata dia, akan menarik minat wisatawan jika terus menerus dipromosikan kepada para wisatawan, baik di nusantara maupun mancanegara.

"Kalau masyarakat di berbagai daerah atau dunia sudah mengenal benda-benda sejarah peninggalan masa lampau di Kota Baubau, maka kota ini akan banyak dikunjungi banyak orang," katanya.

Selain wisata sejarah, di Kota Baubau menurut catatan Kementerian Pariwisata kata dia, juga banyak terdapat berbagai obyek wisata lain seperti wisata alam dan wisata bahari, termasuk wisata budaya.

Jika berbagai objek wisata tersebut dikembangkan dengan baik kata dia, maka berbagai obyek wisata tersebut bisa menarik minat banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

"Kalau kota ini makin banyak dikunjungi wisatawan, maka kesejahteraan masyarakat dipastikan akan meningkat," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024