Kendari (Antara News) - Sebanyak 1.041 personel Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara naik pangkat satu tingkat, dari jumlah keseluruhan tersebut, tiga orang perwira di antaranya naik pangkat menjadi Komisaris besar polisi (Kombes).

Kapolda Sultra Brigjen Polisi Agung Sabar Santoso di Kendari, Jumat, usai memimpin upacara Korp Raport kenaikan pangkat Perwira, Bintara dan Tamtama Polda Sultra mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Polri khususnya di jajaran Polda Sultra yang naik pangkat satu tingkat dari pangkat sebelumnya.

Dalam upacara tersebut hadir Wakapolda Sultra Kombes Heru Teguh Prayitno dan Irwasda Polda Kombes Novi Ermansyah dan sejumlah pejabat utama Polda.

Keterangan dari Kabid Humas Polda Sultra AKBP Sunarto menyebutkan, dari 1.041 personel yang naik pangkat itu meliputi, tiga perwira dari pangkat AKBP menjadi Kombes.

Kemudian, dari pangkat semula Komisaris Polisi (Kompol) ke AKBP sebanyak 14 orang perwira, dari AKP ke Kompol sebanyak sembilan orang, dari Iptu ke AKP sebanyak delapan orang, dari Ipda ke Iptu sebanyak 103 orang dan Aiptu ke Ipda hanya dua orang.

Sementara dari pangkat Aipda ke Aiptu sebanyak 45 orang dari pangkat Brigadir Kepala (Bripka) ke Aipda sebanyak 197 orang dan dari pangkat Brigadir ke Bripka sebanyak 315 orang serta dari pangkat Briptu ke Brigadir sebanyak 165 dan dari Bripda ke briptu sebanyak 118 orang.

"Jadi yang terbanyak naik pangkat tahun ini adalah anggota dari pangkat Brigadir ke Bripka sebanyak 315 orang yang tersebar di Polda dan Polres se-Sultra," ujar Sunarto yang didampingi Kasubbid PID Kompol Dolfi Kumaseh.

Lanjut Dolfi, sedangkan personel polisi yang berpangkat di bawah Bripda atau setara dengan golongan Satu di linkungan PNS (golongan Tamtama) hanya sebanyak 62 orang saja.

Kapolda saat memberi arahan usai upacara kenaikan pangkat para perwira bintara dan Tamtama Polda menyampaikan penghargaan dan berharap bisa bekerja lebih baik profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota Polri.

"Sekali lagi saya dan keluarga menyampaikan selamat kepada seluruh anggota Polda Sultra yang naik pangkat di akhir 2016 ini," ujarnya kemudian memberi ucapan salam satu persatu kepada personil naik pangkat yang didampingi istri dan suami masing-masing.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024