Baubau (Antara News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau memperoleh bantuan kendaraan operasional lapangan dari pemerintah pusat .

Kepala BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali mengatakan bantuan kendaraan operasional untuk BPBD Kota Baubau yakni dua unit motor trail jenis Kawasaki 150 cc dan satu unit mobil Resque.

"Bantuan kendaraan operasional itu saat ini masih ada di Jakarta, namun sudah dilakukan penyerahannya kemarin, sekaligus diberikan BPKB kendaraan itu, sehingga daerah penerima bantuan tersebut hanya mengurus kegiatan ekspedisi pengiriman saja," ujarnya.

Menurut dia, bantuan kendaraan dari pemerintah pusat tersebut digunakan untuk menunjang kinerja pemerintah daerah seperti memantau kondisi bencana banjir, kebakaran dan bencana lainnya.

"Kendaraan roda dua dapat digunakan untuk memantau daerah yang medannya sulit ditembus, sedangkanu mobil dapat dimanfaatkan untuk distribusi bahan makanan dan logistik lain di lokasi terjadi bencana," ujarnya.

Menurut dia, dalam menjalankan tugas di lapangan selama ini, BPBD Kota Baubau belum memiliki kendaraan untuk mendistribusikan logistik, sehingga pihaknya berupaya agar Baubau bisa memperoleh kendaraan tersebut.

"Sebelumnya kami pernah mengusulkan mobil tangki air dan ambulance, tapi yang diperoleh kendaraan roda dua dan satu unit roda empat jenis Resque itu, sebab penanganan logistik yang paling penting," katanya.

Ia juga berharap agar masyarakat menyampaikan informasi atau hal-hal yang perlu ditangani BPBD maupun Dinas Sosial, sehingga instansi itu bisa langsung terjun ke lapangan.

"Terkadang jangkauan informasi belum diketahui, padahal nomor kami sudah disebar di semua kelurahan, oleh karena itu bila ada masalah bencana, bisa kami langsung turun ke lapangan menggunakan kendaraan itu," katanya.

Ia juga mengatakan, pihaknya telah membentuk forum penanggulangan bencana yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada publik.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024