Baubau (Antara News) - Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kota Baubau hingga saat ini belum merekomendasikan tentang perlunya pelaksanaan takbir keliling sebagai wujud kemenangan sebulan berpuasa dalam menyambut Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kita belum bisa pastikan untuk merekomendasikan pelaksanaan takbiran keliling, dan kami juga masih menunggu arahan dari Wali ota Baubau, apakah pelaksanaan takbir sama dengan tahun lalu cukup di masjid-masjid saja, atau takbir keliling," ujar Ketua PHBI yang juga Sekretaris Kota Baubau, Muhammad Djudul di Baubau, Senin.

Menurut Djudul, pihaknya juga telah menerima masukan dari berbagai pihak agar tidak dilakukan takbir keliling dengan pertimbangan segala konsekuensi yang tidak diinginkan terjadi karena menghadapi kemenangan berpuasa tersebut sebaiknya dalam suasana yang kondusif.

"Banyak masukan dari masyarakat bahwa kita lebih baik lakukan antisipasi apa yang akan terjadi, toh kalau tidak ada takbir keliling juga tidak mengurangi makna sebuah kemenangan berpuasa selama Ramadhan tahun ini," ujarnya.

Djudul juga menyampaikan, lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun ini akan dialihkan dari lokasi yang biasanya dipusatkan di Lapangan Lembah Hijau ke lapangan Stadion Betoambari dan Pelataran Pantai Kamali Baubau, serta di Islamic Center.

"Jadi lokasi shalat id tahun ini bukan kita kurangi tapi kita alihkan, sebab kalau di lapangan Lembah Hijau kondisinya kurang baik jika terjadi hujan, selain itu di lokasi tersebut banyak kotoran ternak, sehingga tidak akan memberi kenyamanan bagi jamaah," ujarnya.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024