Wangiwangi (Antara News) - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengapresiasi wancana pembukaan rute baru penerbangan amtardaerah wisata di Tanah Air.

Ketua Komisi V DPR RI Fahri Jemi di Wangi Wangi, Senin, mengatakan koneksifitas antardaerah wisata menguntungkan baik wisatawan maupun pengelola objek wisata.

"Mungkin saja ada wisatawan yang sudah menikmati keindahan dan kenyamanan pantai Bali mau merasakan panorama bawah laut Wakatobi sehingga strategis jika ada koneksifitas penerbangan antardaerah wisata," kata Fahri.

Oleh karena itu, kata dia, wajar pemerintah Wakatobi mengharapkan rute penerbangan dari dan ke Wakatobi - Denpasar atau Wakatobi - Jakarta.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mendorong pelaku usaha penerbangan melayani rute Jakarta - Wakatobi atau rute Jakarta - Makassar dan Wakatobi.

"Rute potensial yang juga berpeluang bagi penerbangan komersil adalah Jakarta - Denpasar dan Wakatobi," kata Menhub Ignasius Jonan.

Obsesi layanan rute Jakarta - Denpasar dan Wakatobi strategis mengingat daerah-daerah tersebut sebagai daerah pariwisata Indonesia.

Bandar Udara Matahora Wakatobi, kata Menhub layak dan aman karena landasan pacu dan sarana vital lainnya sudah mememuhi standar.

"Selama ini maskapai penerbangan tidak tertarik membuka pelayanan yang menghubungkan berbagai daerah dengan Wakatobi karena alasan keamanan," katanya.

Bupati Wakatobi Hugua mengharapkan rute penerbangan antardaerah wisata positif untuk menarik wisatawan datang.

"Kalau daerah-daerah wisata terkoneksi ada nilai tambah karena bagi wisatawan cukup efektif dan efisien," kata Hugua yang juga Ketua DPD PDIP Sultra.

Pewarta : Sarjono
Editor :
Copyright © ANTARA 2024