Kendari (Antara News) - Anggota DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan, Haryanto mengimbau para kepala desa di kabupaten itu agar menggunakan dana desa membangun infrastruktur desa yang menjadi kebutuhan utama masyarakat seperti irigasi desa dan drainase.

"Hampir seluruh desa di wilayah Konawe Kepulauan belum memiliki jaringan irigasi pertanian dan drainase," katanya di Kendari, Senin.

Akibat belum tersedianya saluran irigasi di sejumah desa tersebut kata dia, lahan persawahan para petani tidak berproduksi maksimal.

"Oleh karena itu, para kepala desa yang menerima dana desa dengan nilai berkisar antara Rp500 juta hingga Rp600 jutalebih, agar menggunakan dana tersebut untuk membangun saluran irigasi desa atau drainase desa," katanya.

Dengan begitu ujarnya, sawah para petani di desa bisa berproduksi maksimal dan perkampungan warga bisa aman dari banjir.

Haryanto juga mengimbau para kepala desa agar mendata warganya yang kurang mampu agar bisa diusulkan untuk memperoleh Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan pembangunan rumah layak huni.

"Kita harapkan para kepala desa dalam melakukan pendataan warga agar benar-benar obyektif, sehingga penyaluran bantuan kepada warga kurang mampu benar-benar tepat sasaran," katanya.

Menurut Haryanto, Kabupaten Konawe Kepulauan terdiri dari tujuh wilayah kecamatan dan 89 desa/kelurahan dengan jumlah penduduk kurang lebih 32.000 jiwa.

Sebagian besar penduduk kabupaten tersebut kata dia, menggantung hidup dari hasil pertanian atau petani dan hasil perikanan atau nelayan.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024