Kendari  (Antara News) - Badan Puasat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan upaya peningkatan kualitas data sehingga dapat digunakan oleh masyarakat maupun pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi di semua sektor.

Kepala BPS Sultra, Adi Nugroho di Kendari, Kamis mengatakan sebagai penyedia data statistik, pihaknya selalu berupaya meningkatkan kualitas baik dari segi keakuratan maupun optimalisasi pelayanan data.

"Tentunya dengan memberikan data yang akurat dan menyediakan pelayanan yang baik dapat berdampak pada meningkatnya minat masyarakat dalam memanfaatkan data yang dikeluarkan BPS,"ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai wujud upaya peningkatan kualitas data dan pelayanan, pihaknya menyediakan layanan website yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui situs sultra.bps.go.id.

Menurutnya, website tersebut menyajikan kelengkapan data dan informasi serta kemudahan dan kecepatan mengakses oleh para penggunanya. Dimana, hal tersebut akan sangat mendukung proses pelayanan data oleh petugas.

"Selain itu untuk menjamin keakuratan data, kami juga melakukan uji kelayakan terhadap data dan pelayanan publik, sehingga dari hasil tersebut kami dapat melakukan perbaikan sehingga menghasilkan data yang berkualitas,"ujarnya.

Maka dari itu, tambah Kepala BPS Sultra tersebut, Kualitas data yang baik merupakan kunci utama pelayanan yang optimal kepada pengguna data (masyarakat).

Pihaknya terus berusaha menjamin terjaganya kualitas dan merilis data statistik lebih cepat ke masyarakat, agar dapat dimanfaatkan untuk peningkatan pembangunan perekonomian.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024