Kendari  (Antara News) - Guna menyerap aspirasi masyarakat, 35 Anggota DPRD Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini melakukan reses di masing-masing daerah pemilihan.

Wakil Ketua DPRD Kendari, Husein Mahmud, saat menggelar reses di hadapan masyarakat Kelurahan Alolama dan Anggilowi Kecamatan Mandonga, Selasa, mengatakan tujuan dari reses yakni untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Tujuan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat yang selanjutnya akan disidangkan sebelum aspirasi itu diusulkan masuk kedalam program pembangunan pemerintah," kata Husein Mahmud.

Ia menjelaskan, jika melalui kegiatan reses yang dilakukan ini anggota DPRD dapat mengetahui secara lebih jauh tentang kondisi masyarakat sehingga dapat mengoptimalkan pelaksanaan program serta evaluasi pembangunan di Kota Kendari.

"Selain melaksanakan tugas dan fungsi kedewanan, kegiatan reses ini dilakukan untuk mendukung optimalisasi kinerja DPRD Kendari. Sebagaimana diketahui situasi dan kondisi masyarakat saat ini yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi serta menuntut anggota DPRD untuk memiliki kemampuan yang cepat dan tinggi dalam menyerap apa yang terjadi di masyarakat dan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat di daerah pemilihan masing-masing anggota DPRD," ujarnya.

Dari kegiatan reses tersebut katanya, akan didapat masukan dan usulan dari masyarakat terkait pembangunan, semua masukan yang dihasilkan dari reses harus menjadi catatan bagi anggota DPRD lalu dibawa ke masa persidangan untuk dipertimbangkan serta ditindaklanjuti sekiranya aspirasi itu dapat dimasukkan kedalam rencana kerja tahunan," katanya.

Dalam kesempatan itu katanya, masyarakat kedua kelurahan tersebut meminta pengaspalan jalan, distribusi AIR PDAM diperlancar dan peninjauan kembali tarif PBB yang dinilai masyarakat terlalu tinggi.

"Oleh sebab itu, usulan masyarakat saat reses ini akan menjadi pertimbangan oleh Pemerintah untuk masuk dalam program pembangunan tahunan," katanya.


Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024