Raha (Antara News) - Komunitas Peduli Pariwisata Kabupaten Muna mengajak dan mendorong masyarakat setempat untuk sadar mengembangkan beragam potensi wisata di daerah ini guna meningkatkan roda perekonomian.

"Potensi pariwisata di Muna harus didorong secara optimal untuk dikembangkan, sehingga keterlibatan masyarakat menjadi bagian terpenting," kata Ketua Komunitas Peduli Pariwisata Kabupaten Muna (KP2KM), Hayun Bensar di Raha, Selasa.

Menurut dia, pihaknya berkomitmen mengajak semua lapisan masyarakat berpartisipasi aktif dalam mendorong perkembangan wisata di daerah ini.

"Dengan berkembangnya pariwisata dipastikan akan berdampak kepada beragam sektor perekonomian, sehingga akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya .

Menurut dia, pembangunan sektor pariwisata sangat erat dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat karena ketika daerah menjadi destinasi wisata nasional, apalagi skala internasional, maka berdampak signifikan terhadap meningkatnya beragam kebutuhan pengunjung.

"Terutama kebutuhan akan makanan, akomodasi dan tidak ketinggalan hasil kerajinan khas atau tradisional menjadi ole-ole bagi wisatawan yang berkunjung di tempat wisata di Muna," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk mendorong masyarakat sadar wisata, pihaknya telah menyiapkan beragam program untuk pembekalan warga untuk menjadikan sejumlah objek wisata terpelihara dengan baik.

"Kreatifitas masyarakat dalam berbagai sektor ekonomi juga sangat penting untuk merealisasikan Muna sebagai tujuan wisata utama nasional dan internasional," ujarnya.

Ia menambahkan, ke depan pihaknya menargetkan tidak ada lagi masyarakat yang tidak merasakan implikasi dari perkembangan wisata terutama dari peningkatan sektor ekonomi.

Pewarta : Oleh: Gusti Wilantara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024