Kendari  (Antara News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Persero (BRI) untuk mempermudah pembayaran pajak dan retribusi dengan penggunaan teknologi informasi yang memungkinkan pembayaran secara online.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kendari, Hj Nahwa Umar di Kendari, Selasa, mengatakan pemilihan BRI itu karena bank tersebut sudah terbukti sukses menerapkan hal serupa di DKI Jakarta.

"Penggunaan teknologi informasi (IT) ini memudahkan wajib pajak karena tidak perlu pusing buat laporan, karena semuanya sudah tercatat dan bisa dicetak sebagai laporan," katanya.

Ia menjelaskan penerapan IT pajak dan retribusi itu tidak akan mempersulit wajib pajak karena semua laporan akan tercatat secara otomatis.

Kepala Bagian Dana dan Jasa BRI Kantor Wilayah Makassar, Alfany Tharub menjelaskan jika pemasangan perangkat IT telah rampung, BRI akan segera mengoperasikan perangkat itu.

"Kami punya perangkat yang lebih lengkap, termasuk satelit kami punya, secepatnya kalau bisa minggu-minggu depan kami pasang perangkatnya, makanya ada seminar ini untuk meminta masukan," katanya.

Alfany menambahkan setelah pemasangan perangkat IT itu para wajib pajak akan memperoleh kemudahan termasuk efisiensi waktu karena pembayaran dilakukan secara online sehingga tidak perlu mengantre di bank.

"Kami sudah menerapkan di DKI Jakarta, sekarang kantor-kantor pembayaran pajaknya sepi, karena masyarakat sudah membayar langsung dari rumah atau dari tokonya dengan mudah," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024