Kendari (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi siap menyelenggarakan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-13 tahun 2014 pada 8-10 September 2014 yang dipusatkan di WangiWangi, ibu kota kabupaten tersebut.

Kesiapan Pemkab Waktobi menyelenggarakan PIRN ke-13 tersebut disampaikan Kepala Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Pemkab Wakatobi, La Ode Ifi di Wakatobi, Senin.

"Pada rapat panitia penyelenggara PIRN yang dipimpin Bupati Wakatobi Hugua, Senin seluruh akomodasi yang dibutuhkan untuk kegiatan peserta PIRN, sudah siap," katanya,

Menurut dia, kegiatan PIRN yang diikuti putra-putri dari seluruh provinsi di Indonesia itu diselenggarakan atas kerja sama Pemkab Wakatobi dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Rencananya kata dia, kegiatan perkemahan tersebut akan dibuka Kepala LIPI, Prof Dr Lukman Hakim.

"PIRN ini merupakan kegiatan pembinaan ilmiah remaja yang pertama diselenggarakan pertama 2001," katanya.

Ia mengatakan, para remaja yang menjadi peserta kegiatan tersebut dibimbing dalam pelaksanaan penelitian dan diarahkan untuk menanamkan sikap `scientific minded, scientific curiosity, dan scientific approach`.

Menurut dia, peserta PIRN di Wakatobi tersebut diperkirakan sebanyak 600 orang yang berasal dari 34 provinsi se Indonesia.

Mereka terdiri dari para pelajar SMP dan SMA serta para guru pembimbing tingkat SMP-SMA sederajat dari seluruh Indonesia.

"Kami masyarakat Wakatobi akan memanfaatkan kesempatan kegiatan PIRN ini mempkernalkan berbagai tradisi budaya masyarakat kepada para peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia itu," katanya.

Pewarta : Oleh: Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024