Kendari,  (Antara News) - Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Ny Vita Gamawan Fauzi memberi apresiasi terhadap berbagai produk kerajinan tangan khas di Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Terus terang saya senang dan bangga melihat berbagai macam produk kerajinan khas di Kota Kendari, dan beberapa produk lainnya di Sultra dengan nuansa khas dan corak tersendiri, dan setelah dipasarkan memiliki nilai jual yang cukup tinggi," katanya usai melakukan pengguntingan vita, tanda dimulainya Pameran pembangunan dalam rangka HUT Sultra ke-49 tahun 2013 di Kendari, Selasa petang.

Pameran Pembangunan yang dirangkaian dengan beberapa kegiatan seperti pameran expo 2013, pagelaran seni dan budaya serta karnaval perahu nelayan yang dipusatkan di pantai Kendari Beach itu, dibuka Gubernur Sultra, Nur Alam.

Ny Vita mengatakan, dengan berbagai macam produk kerajinan khas Sultra yang merupakan buah tangan dari kaum ibu-ibu di daerah ini agar terus dilestarikan dan dipertahankan sebagai khasana kekayaan budaya tak ternilai harganya.

Saat melakukan peninjauan dibeberapa stand pameran, Ny Vita Gamawan Fauzi sempat berbaur dan memperagakan cara menenun kain yang dilakukan salah seorang ibu pengrajin tenun di dalam stand milik Dekranasda Provinsi yang dibawah asuhan Tim Penggerrak PKK Provinsi Sultra.

Kehadiran Ny Vita Gamawan di Kota Kendari, dalam rangkaian melakukan road show di Desa Puulemo, Kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Utara dalam rangka pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2013 tingkat nasional.

Ia mengatakan, road show bulan bakti gotong royong masyarakat ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya dilakukan di Provinnsi Banten yang merupakan gabungan antara pemerintah melalui Dirjen PMD dan PKK Pusat.

"Tujuan road show untuk mengetahui sejauh mana program PKK dan pemberdayaan masyarakat desa di Sultra, khususnya di Konawe Utara," katanya.

Gubernur Sultra, Nur Alam sebelumnya mengatakan, kegiatan pameran pembangunan tahun 2013 yang merupakan tahun ke-VI Halo Sultra memberi banyak manfaat terutama mempromosikan berbagai hasil pembangunan yang dicapai selama dirinya menjabat sebagai gubernur periode pertama 2008-2013 hingga memasuki periode kedua 2013-2018.

Pameran pembanguan yang rencana akan berlangsung selama sepekan kedepan (23-28 April 2013), selain memamerkan berbagai keberhasilan yang dicapai oleh masing-masing insatnsi dan SKPD, juga tidak ketinggalan beberapa perusahaan BUMN, BUMD serta sejumlah perusahaan swasta yang ada di daerah ini.

Pewarta : Oleh Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024