Pemprov Papua-UNICEF Kerja Sama Tingkatkan Minat Baca

id papua
Pemprov Papua-UNICEF Kerja Sama Tingkatkan Minat Baca
Ilustrasi keterlibatan Unicef dalam membantu kemajuan pendidikan di Indonesia. (Foto: Antara News).
            Jayapura (Antara News) - Pemerintah Provinsi Papua dan United Nations Children's Fund/Yayasan Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa menjalin kerja sama meningkatkan minat baca tingkat sekolah dasar.

            Kepala Pengembangan Pendidikan Kategori Remaja UNICEF Nabendra Dahal di Jayapura, Senin, mengatakan sekitar 80 sekolah dasar pada empat kabupaten di Papua yakni Kabupaten Biak Numfor, Mimika, Jayapura dan Jayawijaya menjadi pilot project program kerjasama antara pemerintah Australia dengan Pemprov Papua.

            "Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Australia menawarkan kerja sama tersebut kepada pemerintah Provinsi Papua di mana Gubernur Papua menyambut baik tawaran kerja sama pendidikan ini," katanya.

            Nabendral menjelaskan situasi pendidikan di daerah pinggiran memang masih perlu diperbaiki, khususnya murid-murid sekolah tingkat sekolah dasar untuk kelas 1-3 harus bisa membaca dengan baik. "Jika sudah bisa membaca pada kelas 1-3, akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik untuk masa depan," ujarnya.

            Dia menuturkan program ini sekaligus untuk mendukung visi misi Gubernur Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera dalam meningkatkan pendidikan pada wilayah terpencil dan akan mendukung program baca tulis pada kelas awal sekolah dasar.

            "Untuk mewujudkan program ini, akan dilakukan program pelatihan terhadap guru-guru serta penyusunan materi sesuai dengan budaya Papua," katanya lagi.

            Dia menambahkan hal ini untuk mendukung dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan pendidikan di sekolah dasar, juga membantu mendukung sistem penyusunan  dan pengawasan serta penganggaran di kabupaten/kota.

Editor: Laode Masrafi

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga